Peran Model Pembelajaran Masalah Di Pendidikan Agama Kristen

Strategi pembelajaran dengan pemecahan masalah dapat diterapkan :

1. Mana kala guru menginginkan agar siswa tidak hanya sekedar dapat mengingat materi pelajaran, akan tetapi menguasai dan memahaminya secara penuh.
2. Apabila guru bermaksud untuk mengembangkan keterampilan berpikir rasional siswa, yaitu keterampilan menganalisis situasi, menerapkan pengetahuan yang mereka miliki dalam situasi baru, mengenal adanya perbedaan antara fakta dan pendapat, serta mengembangkan kemampuan dalam membuat judgment secara objektif.
3. Manakala guru menginginkan kemampuan siswa untuk memecahkan masalah serta membuat tantangan intelektual siswa.
4. Jika guru ingin mendorong siswa untuk lebih bertanggung jawab dalam belajar.
5. Jika guru ingin agar siswa memahami hubungan antara apa yang dipelajari dengan kenyataan dalam kehidupannya (hubungan antara teori dengan kenyataan)

Karateristikdan Prinsip dalam Metode Pembelajaran Berbasis Masalah.

Ciri khusus pembelajaran berdasarkan masalah menurut Arends model PBL memiliki karakteristik sebagai barikut ini.

Baca Juga  Ini Pesan Wakapolres Kendal, Upacara Hari Kesaktian Pancasila Di SMA 1 Weleri

1. Pengajuan pertanyaan atau masalah
Mengajukan situasi kehiduupan nyata autentik, emnghindari jawaban sederhana, dan memungkinkan adanya berbagai macam solusi untuk situasi tersebut.

2. Berfokus pada keterkaitan antar disiplin.
Meskipun pembelajara berdasarkan masalah mungkin berpusat pada mata pelajaran IPA atau matematika, masalah yang akan diselidiki telah dipilih benar -benar nyata agar dalam pemecahannya.

3. Penyelidikan autentik.
Mengharuskan siswa melakukan penyelidikan autentik untuk mencari penyeselesaian nyata terhadap masalah nyata, mereka harus menganalisis dan menidentifikasi masalah, mengembangkan hipotesis, dan membuat ramalan.

loading...

4. Menghasilkan produk dan memamerkannya
Menuntut siswa untuk menghasilkan produk tententu dalam bentuk karya nyata atau artefak dan peragaan yang menjelaskan atau mewakili bentuk penyelesaian masalah yang mereka temukan.  Pendefinisian Masalah (Defining the Problem).

Dalam langkah ini fasilitator menyampaikan skenario atau permasalahan dan dalam kelompoknya, siswa melakukan berbagai kegiatan. Pertama, brainstorming yang dilaksanakan dengan cara semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat. Kedua, Setiap anggota kelompok memiliki hak yang sama dalam memberikan dan menyampaikan ide dalam diskusi serta mendokumentasikan secara tertulis pendapat masing-masing dalam kertas kerja.

Baca Juga  Presiden: Jangan Tergesa, Pastikan Keamanan dan Keefektifan Vaksin

Selain itu, setiap kelompok harus mencari istilah yang kurang dikenal dalam skenario tersebut dan berusaha mendiskusikan maksud dan artinya. Jika ada siswa yang mengetahui artinya, segera menjelaskan kepada teman yang lain. Jika ada bagian yang belum dapat dipecahkan dalam kelompok tersebut, ditulis dalam  permasalahan kelompok. Pertama, jika ada bagian yang belum dapat dipecahkan dalam kelompok tersebut, ditulis sebagai isu dalam permasalahan kelompok. Kedua, melakukan seleksi alternatif untuk memilih pendapat yang lebih fokus. Ketiga, menentukan dan melakukan pembagian tugas dalam kelompok untuk mencari referensi penyelesaian  dari isu  permasalahan yang  didapat.  

Baca Juga  Satpol PP Jepara Akan Tindak Tegas Dan Siap Tutup Karaoke Yang Membandel

Fasilitator  memvalidasi  pilihan-pilihan yang diambil siswa. Pada akhir langkah siswa diharapkan memiliki gambaran yang jelas tentang apa saja yang  mereka  ketahui, apa saja  yang mereka tidak ketahui, dan pengetahuan apa saja yang diperlukan untuk menjembataninya. Untuk memastikan setiap siswa mengikuti langkah ini, maka pendefinisian masalah dilakukan dengan mengikuti petunjuk.

9 tanggapan untuk “Peran Model Pembelajaran Masalah Di Pendidikan Agama Kristen

  • 4 April 2024 pada 11:47 am
    Permalink

    I’d incessantly want to be update on new blog posts on this site, bookmarked! .

  • 10 April 2024 pada 7:41 am
    Permalink

    Loving the information on this website , you have done outstanding job on the content.

  • 10 April 2024 pada 4:59 pm
    Permalink

    What Is Puravive? Puravive is a weight loss supplement that works to treat obesity by speeding up metabolism and fat-burning naturally.

  • 13 April 2024 pada 2:17 pm
    Permalink

    I know this if off topic but I’m looking into starting my own weblog and was wondering what all is needed to get setup? I’m assuming having a blog like yours would cost a pretty penny? I’m not very web savvy so I’m not 100 positive. Any tips or advice would be greatly appreciated. Cheers

  • 14 April 2024 pada 4:27 pm
    Permalink

    As a Newbie, I am continuously searching online for articles that can help me. Thank you

  • 14 April 2024 pada 7:36 pm
    Permalink

    I love your blog.. very nice colors & theme. Did you make this website yourself or did you hire someone to do it for you? Plz respond as I’m looking to construct my own blog and would like to find out where u got this from. cheers

  • 17 April 2024 pada 2:16 pm
    Permalink

    Thanks for another informative site. Where else could I get that type of information written in such a perfect way? I’ve a project that I’m just now working on, and I’ve been on the look out for such info.

  • 18 April 2024 pada 3:57 am
    Permalink

    I have been absent for some time, but now I remember why I used to love this blog. Thanks , I¦ll try and check back more often. How frequently you update your web site?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.