Peran Model Pembelajaran Masalah Di Pendidikan Agama Kristen

C. Kesimpulan

Pembelajaran berbasis masalah merupakan suatu model pembelajaran yang mana siswa mengerjakan permasalahan yang otentik dengan maksud untuk menyusun pengetahuan mereka sendiri, mengembangkan inkuiri dan ketrampilan berpikir tingkat lebih tinggi, mengembangkan kemandirian, dan percaya diri. Model pembelajaran berbasis masalah memiliki karakteristik pengajuan pertanyaan atau masalah, berfokus pada keterkaitan antar disipli, penyelidikan autentik, menghasilka produk dan memamerkannya dan kolaborasi. Pembelajaran berdasarkan masalah terdiri dari 5 langkah utama yang dimulai dengan guru memperkenalkan siswa dengan suatu situasi masalah dan diakhiri dengan penyajian dan analisis hasil kerja siswa.
Pemecahan masalah dalam pembelajaran berdasarkan masalah harus sesuai dengan langkah-langkah metode ilmiah. Proses pemecahan masalah dalam problem based learning mengikuti 7 langkah yaitu diantaranya (1)mengidentifikasi masalah dan klarifikasi kata-kata sulit yang ada didalam skenario, (2) menentukan masalah, (3) brainstorming, (4) menentukan tujuan pembeajaran yang akan dicapai, (5) memilih solusi yang paling tepat sebagai penyelesaian masalah, (6) belajar mandiri, (7) setiap anggota kelompok menjelaska hasl belajar mandiri mereka dan saling berdikusi.

Baca Juga  Ini Pesan Wakapolres Kendal, Upacara Hari Kesaktian Pancasila Di SMA 1 Weleri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.