STT Kanaan Nusantara Ungaran Mengadakan Bintek penyusunan Strategi Program studi.

Ungaran, jurnaljateng.id, STT Kanaan Nusantara, mengadakan Bimtek Strategi Penyusunan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) dengan Narasumber Markus Oci, M.Pd.K (Waka I Bidang Akademik STT Kanaan Nusantara Ungaran) Di STT Kanaan Ungaran. (24/06/2020)

Markus mengatakan, instrumen Akreditasi Program Studi terdiri dari dua item yaitu Laporan Evaluasi Diri (LED) dan Laporan Kinerja Program Studi (LKPS).
Laporan Evaluasi Diri (LED) mencakup keseluruhan evaluasi diri Unit Pengelola Program Studi.
“Unit pengelolaan program studi melaporkan semua kegiatan yang terkait dengan proses kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan instrumen,” Paparnya.

Disaat yang sama ia menjelaskan, Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi. Setiap program harus mampu menjalankan fungsi dan tanggungjawab sesuai dengan struktur organisasi dan tata kerja di masing-masing perguruan tinggi.

Baca Juga  STTKN Adakan Pelatihan Penyusunan Kurikulum PT Keagamaan Kristen Mengacu Pada KKNI

“Profil unit pengelola program studi adalah semua unsur-unsur yang berkaitan dalam pengelolaan program studi, diantaranya: sejarah, visi, misi, tujuan, strategi dan tata nilai, struktur organisasi, mahasiswa dan lulusan, sumber daya manusia (dosen dan tenaga kependidikan), keuangan, sarana dan prasarana, sistem penjaminan mutu internal, serta kinerja unit pengelola program Studi,” jelasnya.

lanjutnya, Unit Pengelola Program Studi dan program studi yang diakreditasi dengan 9 kriteria akreditasi, yakni meliputi: 1) Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi, 2) Tata Kelola, Tata Pamong, dan Kerjasama, 3) Mahasiswa, 4) Sumber Daya Manusia, 5) Keuangan, Sarana, dan Prasarana, 6) Pendidikan, 7) Penelitian, 8) Pengabdian kepada Masyarakat, dan 9) Luaran dan Capaian Tridharma.

Baca Juga  TNI AD Gelar Diklat Vokasi 272 Peserta, Tingkatkan SDM Unggul

“Adapun tujuan kegiatan bimtek ini agar setiap program studi yang ada di STT Kanaan Nusantara Ungaran dapat mempersiapkan diri dalam re akreditasi BAN-PT serta menyiapkan dokumen-dokumen sesuai dengan apa yang diminta di dalam form Laporan Evaluasi Diri dan Laporan Kinerja Program Studi selain itu dapat meningkatkan peringkat akreditasi dari sebelumnya,” tutupnya. (HENDRILIA/JJID)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *