Nyaris Gulung Tikar, Berkat Lapak Ganjar Kini Bangkit Kembali

JURNALJATENG.ID, SALATIGA – Emma Wilyama, kisah menarik seorang ibu pembuat cokelat asal Jalan Kunti RT 3 RW 6 Kecamatan Sidomukti, Salatiga. Usaha yang dirintisnya sejak 2010 nyaris gulung tikar akibat pandemi, namun kembali bangkit berkat Lapak Ganjar.

Awalnya, Emma mencoba membuka usaha pembuatan cokelat, yang sudah dikembangkan secara turun-temurun di keluarganya. Kian hari, usaha cokelatnya itu berjalan sukses.

Dikutib dari situs resmi Provinsi Jawa Tengah, Emma mengungkapkan, sejak pandemi 2019 Covid-19 melanda, usahanya mulai lesu, bahkan nyaris gulung tikar. Tiga dari lima orang karyawannya pun terpaksa dirumahkan karena menurunya omset yang seharusnya dicapai saat belum pandemi.

Baca Juga  Kini Pembayaran PBB P2 Bisa Melalui ATM BRI dan Agen BRILink

“Awalnya karena keluarga memang punya usaha pembuatan cokelat, dan saya akhirnya buka sendiri sejak tahun 2010,” ujar Emma, Sabtu (26/2/2022).

Dalam berproduksi, Emma mencoba terus berinovasi, terutama menciptakan berbagai rasa dan bentuk. Selain di sejumlah kios oleh-oleh, coklatnya juga dijual secara online.

Menurut Emma usaha yang digelutinya sudah berkembang, tetapi akibat pandemi penjualanya menurun hingga tiga karyawannya di berhentikan.

Namun, di tengah situasi sulit itu, Emma masih berproduksi kecil-kecilan. Hingga produk cokelatnya dipromosikan lewat Lapak Ganjar, ajang promosi online yang diinisiasi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

loading...
Baca Juga  BPUM Tahap Dua Buka Pendaftaran Secara Daring

Emma menuturkan, Setelah ikut Lapak Ganjar, penjualannya naik, permintaan naik, hingga membuat Emma kembali merekrut dua karyawannya yang sempat dirumahkan, untuk kembali bekerja.

“Yang off tiga orang. Yang dua kita rekrut lagi, dan yang satu sudah buka usaha sendiri,” ucapnya.

Menurutnya, Lapak Ganjar menjadi ruang promosi bagi UMKM, dan peluang untuk berkembang. Emma menyampaikan terima kasih kepada Ganjar, karena di tengah kesibukannya sebagai gubernur masih mau mengurusi UMKM kecil.

(YHW/JJID)

58 tanggapan untuk “Nyaris Gulung Tikar, Berkat Lapak Ganjar Kini Bangkit Kembali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.