Pesan Dandim 0715/Kendal Hari Juang, Contoh Jendral Soedirman

JURNALJATENG.ID, KENDAL – Dalam rangka memperingati Hari Juang, Kodim 0715/Kendal menggelar syukuran secara sederhana di Makodim, Selasa, 15/12/2020.

Hadir dalam Acara tersebut,Dandim Kendal Letkol INF. Inf Iman Widhiarto, Kasdim Mayor Inf. Sukamto, dan jajarannya,

Dalam sambutan Dandim Iman Widhiarto menjelaskan, Hari Juang Kartika TNI-AD diperingati setiap tanggal 15 Desember setiap tahunnya. Peringatan ini, sebelumnya dikenal sebagai Hari Infanteri. Hari Juang Kartika, diperingati untuk mengenang Pertempuran empat hari Ambarawa atau yang biasa disebut Palagan Ambarawa yang dipimpin Jenderal Besar Soedirman pada pertengahan Desember 1945. Dengan slogan ” Rawe-rawe rantas malang-malang putung patah tumbuh hilang berganti ” membuat tentara sekutu mundur dari Ambarawa menuju Semarang. Dihadang dengan persenjataan modern serta kemampuan strategi para sekutu, para pejuang RI tidak pernah takut sedikit pun. Mereka melakukan serangan pengepungan yang ketat di semua penjuru kota Ambarawa,” jelasnya.

Baca Juga  Tingkatkan Kemampuan Bertempur, Yonif 132/BS Laksanakan UST Tingkat Peleton.

Masih dikesempatan yang sama ” Dari kemenangan ini, pertempuran Ambarawa dan keberhasilan Jenderal Soedirman diabadikan dalam bentuk monumen Palagan Ambarawa. Yang kemudian TNI AD memperingatinya sebagai Hari Infanteri. Lalu berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 163/1999, Hari Infanteri resmi diganti menjadi Hari Juang Kartika.

Peringatan Hari juang Kartika ini untuk mengenang sejarah perjuangan bangsa sebagai bentuk penghargaan kepada para pejuang RI yang sudah rela berkorban demi bangsa,’ tuturnya

Baca Juga  Kasubag Humas Polres Kendal Bagikan 2000 Masker

Diakhir sambutannya beliau berpesan untuk mencontoh Panglima Besar Jendral Sudirman baik dalam akhlak dan sikap perilaku seperti semboyannya “sepi ing pamrih, rame ing gawe” pungkasnya.

Ket foto: Kodim 0715/Kendal, Bersama jajaran Tasyakuran Hari Juang,

loading...

(008/SFK/JJID)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.