Buah-Buahan Yang Dapat Membantu Menghilangkan Depresi

SEMARANG, jurnaljateng.id, Depresi adalah penyakit mental serius yang dapat mengganggu kehidupan sehari-hari seseorang. Ini dapat terjadi pada siapa saja karena berbagai penyebab, seperti riwayat keluarga, kelainan bentuk otak, trauma masa kecil, kondisi medis, masalah ekonomi atau masalah hubungan.

Pola makan yang baik dapat berdampak signifikan pada gejala depresi dan membantu mengelolanya. Meskipun manajemen medis dan konseling adalah metode terbaik untuk manajemen depresi, perubahan dalam kebiasaan makan juga membantu meningkatkan kesejahteraan individu dalam jangka panjang. Lihatlah beberapa makanan bermanfaat yang membantu melawan depresi.

APEL
Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah dan sayuran memiliki kemampuan protektif terhadap masalah kesehatan mental seperti gangguan kecemasan, tekanan dan perubahan suasana hati. Dapat membantu meningkatkan kesehatan mental kita karena adanya nutrisi penting yang di butuhkan untuk daya tahan tubuh.

Apel dapat membantu melawan depresi, Karena apel kaya akan kandungan nutrisi. Dengan mengkonsumsi apel secara rutin akan memberikan tambahan nutrisi yang cukup signifikan bagi tubuh.

Baca Juga  Tips Suburkan Aglonema Pakai 5 Pupuk Alami

PISANG
Wanita mungkin lebih rentan terhadap depresi daripada pria karena perubahan hormon ovarium dan faktor lainnya. Sebuah studi cross-sectional telah menunjukkan bahwa konsumsi pisang cukup menunjukkan dampak positif pada penurunan gejala depresi pada wanita, dibandingkan dengan pria. Pisang kaya akan kalium dan antioksidan.

Dengan mengkomsumsi pisang yang cukup dan tidak berlebihan akan sangat membantu mengatasi depresi terutama bagi wanita. Penyajian dapat di lakukan dengan berbagai cara olahan dari bahan dasar pisang.

SEMANGKA
Semangka adalah makanan kaya antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan otak. Ini mengandung dua antioksidan utama; vitamin C dan likopen yang melindungi sel-sel otak dan menunda timbulnya penyakit degeneratif seperti demensia. Vitamin B6 dalam semangka juga membantu meningkatkan fungsi otak. Karenanya, semangka bisa menjadi makanan yang baik yang membantu dalam depresi.

loading...

Anda dapat membuat berbagai macam olahan semangka agar tidak membosankan, diantaranya menjadikanya jus atau membuatnya menjadi sup buah dan berbagai macam olahan lain yang berbahan dasar dari semangka..

Baca Juga  Babinsa Donorojo Dampingi Tim Medis Cek Warga Setelah Isolasi Mandiri.

KIWI
Kiwi kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan kuat. Sebuah penelitian mengatakanmengonsumsi kiwi dapat membantu meningkatkan suasana hati seseorang dengan gangguan suasana hati sedang. Hal ini juga terkait dengan pengurangan gejala seperti kelelahan, depresi dan iritasi akibat kekurangan vitamin C.
Cara terbaik mengkonsumsi kiwi adalah memakan langsung setelah di kupas kulitnya atau sebagai topping dalam salad.

ALPUKAT
Alpukat kaya akan nutrisi seperti vitamin B6, vitamin C, folat, vitamin K dan asam lemak tak jenuh tunggal. Aktivitas anti-inflamasi asam lemak membantu mengurangi peradangan di otak dan mempertahankan berfungsinya neurotransmitter. Alpukat bisa menjadi salah satu makanan terbaik yang membantu mengatasi depresi.

Alpukat dapat dinikmati dengan menaburkan sejumput garam di atasnya. Bisa juga dengan menambahkannya ke sup buah, dengan menggunakan saus salad, atau membuatnya menjadi jus.

STROBERI
Stroberi masuk dalam daftar buah antidepresan dengan skor makanan Antidepresan (AFS) 31 persen. AFS adalah sistem profil nutrisi yang dibuat untuk memberikan rekomendasi diet untuk masalah yang berkaitan dengan kesehatan mental. Buah ini kaya akan vitamin C yang membantu pengaturan endorfin, hormon yang membuat seseorang bahagia dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

Baca Juga  Saat Pembagian Masker Camat Bandungan Ungkap Jumlah Penderita Covid-19

Cara terbaik memgkonsumsi stroberi agar tidak bosan adalah membuat smoothie stroberi atau membuatnya sup buah. Bisa juga dengan mengkonsumsi langsung sebagai makanan penutup. (BOLDSKY/JJID)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *