Tips Suburkan Aglonema Pakai 5 Pupuk Alami

SEMARANG, jurnaljateng.id, Demi tanaman subur, cara merawat tanaman pun harus diperhatikan oleh pemiliknya. Seperti penyiraman yang rutin dilakukan sesuai jenis tanaman hingga pemberian pupuk.

Pupuk sendiri merupakan nutrisi cukup penting untuk pertumbuhan tanaman, baik tanaman hias maupun pertanian. Bahkan tanaman hias aglonema yang tengah digemari oleh para pecinta tanaman pun dapat memakai pupuk alami.

Namun terkadang banyaknya pilihan pupuk membuat pemilik tanaman aglonema menjadi bingung memilih. Sebenarnya Anda bisa menggunakan pupuk alami tanpa harus membeli ke toko.

Cara mendapatkannya pun tergolong mudah sebab pupuk alami berasal dari limbah dapur dan rumah tangga seperti di bawah ini.

1. Kulit atau cangkang telur
Diberitakan Ringtimesbali sebelumnya dalam artikel berjudul ‘5 Pupuk Alami untuk Tanaman Hias, Murah dan Suburkan Aglonema Anda’, saat memasak telur biasanya cangkang atau kulitnya akan dibuang begitu saja.

Baca Juga  Ibadah Online Saat Pandemi Covid-19, Khotbah Via Radio

Mulai sekarang, coba kumpulkan cangkang telur sebab memiliki kandungan kalsium mikronutrien dan berfungsi menurunkan tingkat keasaman tanah.

Anda bisa menghancurkan cangkang telur dan mencampurnya dengan tanah. Cara lain adalah dengan merendamnya dengan air panas semalaman, kemudian gunakan air rendaman untuk menyiram tanaman.

loading...

2. Kulit pisang
Kulit pisang mengandung kalium, nitrogen, fosfor, dan magnesium. Untuk menjadikannya pupuk, potong menjadi kecil dan campurkan dengan tanah.

Cara lain adalah dengan melumatkan kulit pisang dan dicampur dengan air. Kemudian, siramkan ke tanah tanaman hias. Kulit pisang akan membusuk perlahan dan melepaskan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tanaman hias.

Baca Juga  Tak Bermasker Sapol PP Kabupaten Demak Terapkan Sanksi Sesuai Perbub

3. Ampas kopi
Suka minum kopi hitam? Ternyata ampasnya bisa dijadikan pupuk untuk tanaman hias, lho. Ampas kopi bisa langsung dicampurkan ke tanah atau direndam di air selama seminggu kemudian disiramkan ke tanah tanaman hias.

Pupuk alami yang satu ini memiliki kandungan nitrogen tinggi yang baik untuk pertumbuhan tanaman hias.

4. Air akuarium
Punya ikan hias air tawar di rumah? Anda tentu secara rutin mengganti airnya bukan?.

Daripada dibuang begitu saja, gunakan air akuarium untuk menyiram tanaman hias. Air akuarium ini kaya akan nutrisi alami dari sisa makanan ikan yang membusuk serta kotoran ikan.

5. Teh hijau
Selain ampas kopi, ampas teh hijau juga bisa menjadi pupuk yang baik untuk menyuburkan tanaman hias.

Baca Juga  Siapapun Bisa, Acara Pernikahan Menggunakan Mobil Dinas Walikota Semarang H 1 A

Caranya, seduh ampas teh dengan air panas dan biarkan mendingin, kemudian siram ke tanah tanaman hias.

Itulah pupuk alami yang baik untuk tanaman hias, termasuk aglonema.




(RINGTIMESBALI/RDKS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *