Pemkab Kendal Peringati Hari Lahir Pancasila, Ini Kata Wakil Bupati Kendal Basuki

Wakil bupati kendal H.Windu suko basuki memberikan penghargaan kepada para pejuang veteran,bendera merah putih dan beberapa elemen masyarakat.di alun-alun Kendal,Sabtu (1/6/2024)

JURNALJATENG.ID,KENDAL– Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024,Pemerintah Kabupaten Kendal mengelar upacara bertempat di Alun alun Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (1/6/24).pagi.

Dalam upacara diikuti oleh unsur Aparatur sipil Negara, TNI, Kepolisian, Ormas, dan lainnya. Sementara di tamu undangan ada perwakilan Forkopimda, DPRD Kepala OPD, dan undangan lain.

Pada kesempatan tersebut, Inspektur Upacara, Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki membacakan sambutan tertulis Kepala BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila), Yudian Wahyudi.Dikatakan, pendiri bangsa ini membacakan Pancasila melalui pidatonya pertama kali tahun 1965 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan.Saat ini Pancasila menjadi dasar negara kita, dan kita wajib bersyukur, karena Pancasila telah menyatukan kita dengan segala perbedaan yang ada untuk menyongsong 100 tahun Indonesia Emas, yang maju mandiri dan berkedaulatan.

Baca Juga  Ketua DPD Golkar, Dico Pastikan Kembali Calon Bupati Kendal 2024-2029

“Sebagai bangsa yang majemuk Pancasila dan nilai yang dikandungnya menjadi pemandu cita cita bangsa sesuai dengan keinginan pendiri bangsa ini,” ujar Wabup Basuki.

Keberadaan Pancasila sebagai anugrah dari Tuhan Yang Maha Esa, dengan Pancasila bisa mempersatukan bangsa Indonesia. Karena menjunjung nilai luhur toleransi dan gotong royong.

Lebih lanjut Wakil Bupati Kendal, Windu Suko mengatakan,usai acara kepada awak media sebagai bangsa yang memiliki Pancasila wajib bersyukur karena nilai nilai luhur Pancasila itu sendiri.

Baca Juga  Desain dan Perencanaan, Dibutuhkan Sebelum Bangun Rumah

kepada peserta upacara, kita merenungkan sejenak atas perjuangan para leluhur kita melahirkan ideologi pancasila sabagai dasar negara agar bisa merasuk dalam jiwa raganya.

loading...

“Sebagai warga negara kita diwajibkan untuk mengedepankan kebersamaan dan gotong royong tumbuh di seluruh masyarakat” imbuh Wakil Bupati.

Pada kesempatan itu pula selesai upacara, wakil bupati kendal H.Windu suko basuki memberikan penghargaan kepada para pejuang veteran bendera merah putih dan juga kepada beberapa tokoh masyarakat.

(JJID/SFK)