Infrastruktur Jalan Usaha Tani JUT Permudah Distribusi Hasil Bumi

Banjarnegara, jurnaljateng.id, Jalan Usaha Tani (JUT) Blok Lingsar Dukuh Sinanjer. Infrastruktur yang berupa jalan rabat beton sepanjang 320 meter x 2 meter, serta jalan setapak dengan panjang 163 meter x 0,5 meter.

Dengan adanya infrastruktur tersebut masyarakat Dukuh Lingsar Desa Clapar Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara sangat terbantu dan bisa menikmati jalur transportasi yang nyaman.

JUT Blok Lingsar Dukuh Sinanjer ini dibangun dengan dana Bantuan Pemerintah tahun 2020 sebesar Rp. 100 juta.

Kepala Desa Clapar, Somad, mengatakan, pembangunan JUT sangat bermanfaat bagi kelangsungan usaha tani di wilayah Desa Clapar, antara lain salak dan hasil bumi lainnya.

“Diharapkan dengan adanya jalan tersebut, biaya produksi berkurang. Bongkar muat barang yang sebelumnya diakukan dengan tenaga manusia, kini digantikan kendaraan,” ujar Somad saat mendampingi Bupati Banjarnegara meresmikan JUT Blok Lingsar Dukuh Sinanjer, Selasa (21/7/2020).

Baca Juga  Libur Panjang, Kapolda Jateng Pantau Arus Di Exit Tol Brebes

Ditambahkan, selama ini petani merasa kesulitan untuk mengangkut salak dan hasil bumi, karena kondisi jalan yang tidak bagus. Di sisi lain, petani tidak mungkin menaikkan harga jual terlalu tinggi sebagai kompensasi atas adanya biaya transportasi.

“Tahun 2020 ini petani Desa Clapar khususnya di blok Lingsar Dukuh Sinanjer bisa sedikit bernafas lega dengan dibangunnya jalan yang menembus area perkebuman salak hingga ladang atau pesawahan,” jelasnya.

loading...

Dirman, salah seorang petani salak setempat mengaku sangat bersyukur. Di depan bupati dan pejabat yang hadir ia menyampaikan kegembiaraannya dengan diresmikannya JUT.

Baca Juga  Warga Kembalikan Bantuan JPS Provinsi Jawa Tengah Semakin Bertambah

“Dulu, jalan ini untuk lewat saja susah. Licin, gelap dan terkesan seram. Sekarang sudah enak, pakai rabat beton. Tak lupa kami ucapkan terima kasih banyak kepada Bapak Bupati dan jajarannya,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono mengatakan, Pemkab Banjarnegara akan terus mendukung aspirasi masyarakat yang bermuara pada kesejahteraan dan pemberdayaan.

“Saya paham, jalan ini sangat dibutuhkan masyarakat. Untuk itu akan kami upayakan untuk menuntaskan pembangunan JUT hingga balai desa, anggarannya sekitar 200 juta lagi,” katanya.

Bupati memuji kerja sama warga desa. Pembangunan proyek fisik secara swakelola dan padat karya dapat melatih kemandirian warga sekaligus menumbuhkan rasa memiliki.(MUJIPRAST/JJID)

Baca Juga  Kesembuhan Pasien Covid-19 Jateng Meningkat Pesat mencapai 75,12 Persen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *