DPRD Kendal Gelar Rapat Paripurna LKPJ Tahun 2023

Bupati kendal,Dico M Ganinduto Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah Kabupaten Kendal Tahun Anggaran 2023 dan Penambahan Tugas Panitia Khusus Terkait LKPJ 2023.
Kepada wakil ketua DPRD Kendal,Ahmad suyuti di gedung paripurna, senin, 25/3/2024

JURNALJATENG.ID,KENDAL- DPRD Kendal menggelar Rapat Paripurna bersama Pemerintah Kabupaten kendal, dalam rangka memenuhi LKPJ Kepala Daerah dan penambahan Panitia Khusus terkait LKPJ tahun 2023, Senin (25/03/24).

Acara yang dilaksanakan di gedung Paripurna tersebut di pimpin oleh Wakil Ketua Akhmat Suyuti bersama 2 (dua) wakil lainnya dan dihadiri oleh Bupati Kendal Dico Ganinduto, Sekda Kendal H. Sugiono serta Undangan lainnya dari unsur pemerintah daerah.

Pada kesempatan pembukaan paripurna, Akhmat Suyuti sampaikan terima kasih atas kehadiran Seluruh anggota dewan perwakilan rakyat dan OPD terkait,”ujar Suyuti.

Berdasarkan laporan Sekretaris Dewan dan sesuai dengan daftar hadir, telah hadir 30 orang dari 45 orang anggota Dewan yang diharapkan hadir, maka sesuai dengan Peraturan Tata Tertib DPRD Pasal 135 ayat (1) huruf “C” kuorum telah terpenuhi.

Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kendal pada hari ini, Senin, 25 Maret 2023 dalam acara, Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah Kabupaten Kendal Tahun Anggaran 2023 dan Penambahan Tugas Panitia Khusus Terkait LKPJ 2023. dengan resmi kami buka dan terbuka untuk umum,” ucap Suyuti.

Baca Juga  Perawat Gugur Melawan Covid-19, Tenaga Medis Kabupaten Jepara Kenakan Pita Hitam

Sementara itu, Bupati Kendal dalam laporannya menyampaikan, kondisi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kendal mengalami tren peningkatan positif dari tahun 2018 hingga di tahun 2019.

“Namun pada tahun 2020 pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah mengalami kontraksi yang disebabkan adanya pandemi covid-19. Kemudian di tahun 2021 hingga 2023 terus mengalami pertumbuhan positif,” ujarnya.

loading...

Bupati memaparkan, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kendal Tahun 2023 tercatat mengalami pertumbuhan positif yaitu sebesar 5,56 persen. Lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan signifikan meliputi penyediaan akomodasi dan makan minum sebesar 18,72 persen, informasi dan komunikasi sebesar 11,33 persen dan real estate sebesar 9,08 persen.“

Kemudian, empat lapangan usaha yang memiliki peran dominan juga mencatatkan pertumbuhan positif di antaranya industri pengolahan tumbuh sebesar 4,40 persen, pertanian, kehutanan, dan perikanan tumbuh sebesar 2,91 persen, perdagangan besar dan eceran, reparasi nobil dan sepeda motor tumbuh sebesar 6,58 persen serta konstruksi tumbuh sebesar 5,10 persen,” bebernya.

Baca Juga  DPRD Kendal: Risky Aritonang, Bagikan Bantuan Warga Terdampak Banjir

Bupati menegaskan, pada tahun 2023 semua lapangan usaha mengalami pertumbuhan positif. Laju inflasi pada tahun 2021 hingga 2022 mengalami peningkatan dari 1,49 menjadi 4,99.“Namun pada tahun 2023 mengalami penurunan menjadi 2,84. Distribusi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Kendal Atas Dasar Harga Berlaku,” tandasnya.

Menurut Bupati, lapangan usaha pada tahun 2023 menunjukkan sektor penyumbang terbesar perekomian di Kabupaten Kendal adalah industri pengolahan sebesar 41,74 persen, pertanian, kehutanan dan perikanan sebesar 18,31 persen dan perdagangan besar dan eceran, reparasi Mmobil dan sepeda motor sebesar 12,03 persen.

“Alhamdulillah pelaksanaan tugas dan tanggung jawab kita di tahun 2023 secara umum dapat berjalan lancar, aman dan memberi kemanfaatan khususnya bagi masyarakat Kendal melalui program-program Pemerintah Kabupaten Kendal,” ungkapnya.

Baca Juga  Operasi Pekat, Polda Jateng Ungkap 2.189 Kasus dan Tangkap 3.579 Pelaku

“Sehingga memberikan dampak bagi pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat yang secara umum dapat dilihat dari beberapa indikator pencapaian makro pembangunan daerah di Kabupaten Kendal,” pungkasnya.(JJID/SFK)