Prodi M.PAK UKI Beri Penyuluhan Pendidikan dan Pembentukan Karakter Remaja di GKJ Cilacap Utara

Program Pascasarjana, Prodi Magister Pendidikan Agama Universitas Kristen Indonesia Jakarta melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat di GKJ Cilacap.Selasa (21/0ktober 2023)

JURNALJATENG.ID,CILACAP, Program Pascasarjana, Prodi Magister Pendidikan Agama Universitas Kristen Indonesia Jakarta melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat di GKJ Cilacap.

Pelaksanaan Kegiatan PkM ini merupakan kegiatan PkM terprogram berdasarkan kerjasama GKJ Jeruklegi Margi Rahayu dengan Prodi Magister Pendidikan Agama Kristen, Universitas Kristen Indonesia Jakarta.pada selasa (21 Oktober 2023)

Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan di GKJ Cilacap Utara mengusung tema “Penyuluhan Pendidikan Keluarga melalui Peranan Pembentukan Karakter Anak Remaja di GKJ Cilacap Utara.“

Dalam kegiatan penyuluhan dosen dan mahasiswa prodi M.PAK UKI kepada jemaat GKJ Cilacap Utara, baik Dr. Noh Ibrahim Boiliu, S.Th., M.Pd; Dr. Halim Wiryadinata, BA (Hons), M.Th., MM., dan Pdt. Udin Firman Hidayat, S.Si.Teol mengungkapkan bahwa pembentukan karakter generasi digital menjadi salah satu tantangan penting di era modern ini.

Baca Juga  Pemdes Penyangkringan Beri Dana Insentif 45 Guru Ngaji Imam Masjid, Mushola Serta Marbot

Generasi digital adalah generasi yang tumbuh dan berkembang di era digital, di mana mereka terekspos secara intensif dengan teknologi digital. Hal ini dapat berdampak positif dan negatif bagi perkembangan karakter generasi digital.jelas dr halim wirdayadinata, BA

Di satu sisi, teknologi digital dapat memberikan berbagai manfaat bagi generasi digital, seperti meningkatkan kemampuan beradaptasi, kreativitas, dan problem solving. Terangnya.

Hal senada diungkapkan Pdt udin firman hidayat Namun ada, di sisi lain, teknologi digital juga dapat berdampak negatif bagi generasi digital, seperti meningkatkan risiko kecanduan, cyberbullying, dan penyebaran informasi hoaks.

loading...
Baca Juga  Koramil 0736/Batang Sinergi Dengan Satgas Covid-19, Himbau Warga Patuhi PorKes

Oleh karena itu, diperlukan upaya-upaya untuk membentuk karakter generasi digital yang positif. Upaya-upaya tersebut dapat dilakukan melalui berbagai pihak, baik keluarga, sekolah, maupun masyarakat.Keluarga memiliki peran penting dalam membentuk karakter generasi digital. Orang tua dapat memberikan contoh yang baik bagi anak-anaknya dalam menggunakan teknologi digital.pungkasnya.

Selain itu,Dr. Noh Ibrahim Boiliu menegaskan Orang tua juga dapat mendampingi anak-anaknya dalam menggunakan teknologi digital, “Memberikan bimbingan dan arahan agar anak-anak dapat menggunakan teknologi digital secara bijak”.

Sekolah juga memiliki peran penting dalam membentuk karakter generasi digital. Sekolah dapat memberikan pendidikan karakter yang relevan dengan era digital. Pendidikan karakter tersebut dapat mencakup nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung, pungkasnya. (JJID/Red)

Baca Juga  Pemdes Sidorejo Apresiasi Babinsa Koramil 03/Gringsing dan Masyarakat