10 Layanan Penyimpanan Cloud Gratis Untuk Berbagai Gadget

Banyak layanan penyimpanan cloude saat ini yang bisa di gunakan secara gratis. Paling populer adalah produk google dengan Google Drivenya, dimana setiap pengguna android dapat dipastikan memiliki akun Google Drive.

Selain pengguna Android, semua pendaftar akun Google akan mendapatkan berbagai aplikasi dari Google, dan salah satunya adalah Google Drive. Layanan ini diberikan secara gratis dengan kapasitas penyimpanan 15 GB termasuk untuk Email. Jika ingin kapasitas lebih maka harus melakukan upgrade dengan sejumlah harga yang harus dibayar sesuai sesuai paket yang di tawarkan.

Selain Google Drive masih banyak layanan Drive Cloude baik yang gratis maupun yang berbayar. Bahkan untuk masalah privasi bisa di bilang lebih bagus daripada layanan yang disediakan Google ini.

Berikut beberapa layanan Drive Cloude yang direkomendasikan bisa digunakan secara gratis.

Dropbox Basic

Dropbox menawarkan 2GB penyimpanan online secara gratis. Untuk mengakses File yang tersimpan di Dropbok dapat dilakukan melalui aplikasi yang disediakan atau web. Untuk aplikasi sinkronisai file, perangkat yang di ijinkan untuk mengakses maksimal 3 unit untuk versi gratisnya.

Menggunakan aplikasi Dropbox pada pc Windows, Mac atau Linux, file cukup di taruh dalam folder Dropbox yang ada di desktop maka ecara otomatis file akan di unggah dan disinkronisasikan dengan perangkat lainnya dengan akun yang sama.

loading...

Jika file yang berada di pc terhapus dengan tidak sengaja, dengan menggunakan situs web file yang terhapus dapat di kembali lagi.

Microsoft OneDrive

Layanan penyimpanan yang satu ini perlu dipertimbangkan. OneDrive layanan cloude yang memiliki segudang kelebihan, sinkronisasi dan pencadangan yang fleksibel. Layanan cloude milik Microsoft ini merupakan layanan resmi untuk pengguna Microsoft Office dan bahkan sudah terintegrasi untuk pengguna windows 10 saat in

Kapasitas penyimpanan online secara gratis yang disediakan 5GB. Jika berlangganan Microsoft 365 maka penyimpanan akan di tambah menjadi 1TB setiap akun pengguna.

Baca Juga  Webinar Seri 2: Expand the Impact of Your Research Article

IDrive

Idrive memberikan layanan penyimpanan dan pencadangan online sebesar 5GB dari semua perangkat. Sinkronisasi file yang bisa dilakukan di Idrive tidak hanya file dokumen atau file dari pc saja, bahkan mencadangkan foto dan video dari facebook juga bisa dilakukan. Inilah kelebihan yang ada pada IDrive.

Tingkat keamanan dalam penyimpanan ada dua pilihan standart dan enkripsi. Sehingga file yang tersimpan di IDrive terjamin keamanannya.

AOMEI Backupper

Versi standar dan gratis dari tools yang disediakan dapat menbuat Image system secara lengkap, mencadangkan seluruh drive atau partisi tertentu, menjadwalkan pencadangan file dan folder yang dipilih, bahkan sepenuhnya mengkloning drive yang lebih kecil ke drive yang lebih besar untuk upgrade (atau hard drive ke solid state drive untuk meningkatkan kecepatan). Untuk saat ini baru tersedia untuk OS Windows dan Linux

Tresorit

Tresorit bisa dibilang merupakan layanan penyimpanan cloud paling aman yang ada saat ini. Tresorit memiliki sistem enkripsi kelas militer dan kunci kriptografi yang tidak mudah untuk ditembus. Ribuan peretas yang berusaha untuk menembus layanan ini tapi semua gagal.

Tresorit juga menerapkan mekanisme berbagi yang beda dengan layanan cloud lainya, di mana setiap link yang menuju ke server Tresorit, akan dilengkapi dengan kunci rahasia untuk dapat mengaksesnya. Memang membuat pekerjaan semakin rumit, tapi tingkat keamanan data atau file yang tersimpan menjadi lebih aman.

Apabila Tresorit lebih difokuskan untuk konsumen bisnis, pCloud jadi alternatif yang sempurna untuk penggunaan individu. Ini mudah digunakan dan memiliki sistem enkripsi sekuat Tresorit. Saking kuatnya, pCloud bahkan menawarkan US$100,000 (Rp1,3 miliar) kepada siapapun yang bisa membobol server mereka.

pCloud

Masalah Privasi menjadi perhatian layanan cloude pCloud. Dengan system enkripsi zero-knowledge-protection, dimana file pengguna akan terenkripsi secara otomatis setelah pengguna menutup file yang digunakan.

Baca Juga  Helikopter Buatan Turki T-625 Gokbey Dengan Mesin Lokal.

Selain enkripsi zero-knowledge-protection, keamanan juga sangat terjamin di layanan cloude ini, memiliki sistem enkripsi sekuat Tresorit. Bahkan pCloude menawarkan US$100,000 (Rp1,3 miliar) kepada siapapun yang bisa membobol server mereka.

Box

Box adalah layanan penyimpanan cloude yang cukup sederhana dan mudah digunakan serta aman. Menggunakan Box seperti menggunakan drive di komputer pribadi, sinkronisasi antar perangkat sangat mudah. PC, smarphone dan tablet.

Box untuk versi web dilengkapi berbagai aplikasi pendukung yang terintegrasi, Office 364, Salesfore dan Adobe Sign.

Kelebihan Box dari layanan cloude lainan adalah penggunaan machine learning. Fitus berbasis AI membuat alur kerja seperti pemberi tugas, pengaturan deadline dan progres memudahkan pengguna, menjadi lebih rapi.

Mega

Bagi yang menginginkan penyimpanan dengan kapasitas besar tetapi gratis pada layanan cloude, Mega menjadi pilihan terbaik. Kapasitas yang disediakan untuk layananya secara gratis adalah 50GB bagi para penggunya secara cuma-cuma.

Pengguna layanan Cloude Mega akan mendapat tambahan kuota bila mengajak temanya untuk ikut menggunakan Mega. Selain gratis data yang tersimpan di mega juga terjamin keamananya karena sitem enkripsi yang kuat dan tidak mudah untuk tembus. Mega juga menyediakan tools untuk melakukan pengeditan dimana saja, selain itu juga sinkronisai berbagai perangkat prngguna dengan akun yang sama.

Sync.com

Sync.com bisa dibilang merupakan perpaduan lengkap dari layanan penyimpanan cloude diantaranya sinkronisasi yang mudah seperti Dropbox, enkripsi yang aman seperti Tresorit serta kapasitas penyimpanan 5GB untuk user gratis. Layanan Penyimpanan cloud ini membuat folder khusus di perangkat pengguna dan setiap file yang ditempatkan dalam folder tersebut akan tersimpan secara otomatis di server sync seperti pada Dropbox, Box OneDrive.

Sync.com memiliki enkripsi end-to-end serta sistem zero-knowledge sehingga file yang tersimpan di server sync.com menjadi aman. Selain itu setiap file yang dibagikan bisa diberi password untuk tambahan keamanan.

Baca Juga  TNI kirimkan Prajurit Dan Alutsista, Bantu Gempa Majene dan Mamuju

SpiderOak One

Layanan penyimpanan cloude yang dibekali dengan enkripsi end-to-end serta sistem zero-knowledge, sayang fitur yang dimiliki SpiderOak One kurang masih tergolong kurang maksimal bagi pengguna

UI-nya pun terbilang kurang sederhana dibandingkan dengan layanan penyimpanan lainnya seperti Google Drive, Dropbox atau layanan lainya yang telah disebutkan diatas dan hampir tidak ada aplikasi pendukung. Meskipun demikian, SpiderOak One tetap jadi salah satu penyimpanan cloud yang perlu dipertimbangkan. Kelebihan yang dimiliki layanan ini adalah adanya fitur Semaphor Messaging yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan dengan aman.

Itulah sepuluh layana penyimpanan cloude yang perlu dipertimbangkan untuk menyimpan file-file data, Video atau Foto secara aman serta dapat diakses dari berbagai perangkat. Semua layanan penyimpanan cloude diatas dapat digunakan secara gratis dengan quota yang diberikan dari tiap-tiap layanan yang berbeda. Untuk mendapatkan layana yang lebih besar serta fitur yang lebih lengkap juga disediakan gratis, bisa didapat dengan berbayar sesuai dengan paket yang disediakan masing-masing layanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *