Kades Tegalombo Basari, Goa Kreo Potensi Alam Patut Di Kembangkan.

JURNALJATENG.ID, BATANG – Tegalombo sebuah desa di kecamatan Tersono, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah. Desa Tegalombo letaknya paling timur di wilayah Kecamatan Tersono. Desa ini terdiri dari tiga dusun, yaitu Dusun Tegalombo, Dusun Pandansari, dan Dusun Ceto Sari/Dusun Catak.

Kepala Desa Tegalombo, Basari menceritakan, Asal mula nama Tegalombo diambil dari kata TEGALAN yang berarti ladang dan juga OMBO yang berarti luas, yang digabungkan menjadi TEGALOMBO yang berarti ladang yang luas. Kamis(12/11/2020)

Tempat yang sangat strategis, karena disekelilingnya desa adalah hutan jati (alas jati). Di desa ini terdapat kekayaan alam berupa pohon jati, dan desa tersebut memiliki sumber air yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai jenis buah banyak sekali di desa ini, terutama durian, jengkol, nangka, kopi yang hampir setiap tahun membanjiri Tegalombo. Orang-orang Desa Tegalombo sangatlah ramah tamah, di desa ini banyak orang merantau keberbagai daerah maupun luar negeri. Tetapi pada umumnya sebagian bercocok tanam di ladang maupun di hutan jati (Baon). imbuhnya

Baca Juga  Korban Terima Maaf Nenek Sebatang Kara Yang Mencopet Untuk Makan

“Potensi desa ini aktif sebagi penghasil Durian, Jengkol, Nangka dan Kopi setiap tahunnya yang berasal dari kawasan hutan jati yang membentang seluas 15 hektar,” kata kades kepada awak media.

Serta wilayah ini memiliki sungai dan sumber mata air Curug Kreo, namun masih jarang dikunjungi orang, untuk sampai di tempat ini dibutuhkan waktu 10 menit berjalan kaki dari perumahan warga di Dusun Pandan Sari. Selain itu desa ini memiliki sebuah goa yang dinamai Goa Pakis yang berada di sebelah utara dari Dusun Ceto Sari.

Baca Juga  Anggota Dewan Muda "Ganang" Bantu Warga Korban Kebakaran Desa Purworejo

“Potensi Alam ini akan kita Manfaatkan untuk Desa Wisata, Melalui Anggaran BUMDes, dan pastinya mengurangi angka pengangguran warga bisa berjualan demi mencukupi kebutuhan keluarga, ” Terangnya.

Dimassa Pandemi Covid-19 ini memang ├ękonomi keluarga menurun, sangat besar sekali dampaknya.

loading...

“Potensi wisata Alam yang sudah ada di Curug Kreo,untuk program yang terbaru kita potensikan Goa Pasolatan/Pakes menjadi potensi wisata desa”,imbuh kepala desa kepada awak media

Mengharap kepada Semua Elemen masyarakat bisa mendukung penuh di RKPDes program yang dianggarkan tahun depan yaitu 2021, Serta warga Diharapkan Patuhi Protokoler Kesehatan, Gunakan Masker dan Jaga jarak untuk Cegah penularan Covid-19, Imbunya


(SFK/HND/JJID)

Baca Juga  Bawaslu Lakukan Langkah Strategis Desa Pengawas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *