Dikaitkan Tsunami 20 Meter Surutnya Air Laut Di Metawar Jepara, Ini Faktanya

JEPARA, jurnaljateng.id, Viral Video surutnya air laut yang berada di sebelah timur Benteng Portugis, di Desa Ujungwatu, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara menghebohkan masyarakat yang di kait-kaitkan dengan adanya pemberitaan tentang adanya Tsunami 20m. Banyak orang berdatangan ingin menyaksikan surutnya air laut yang viral di sosial media.

jurnaljateng.id langsung melakukan penelusuran tentang kebenaran berita yang beredar di media sosial. Penampakan yang sebenarnya bisa dibenarkan seperti kabar yang beredar media sosial yang seakan air laut surut hingga menjadi Viral.

Fakta sebenarnya yang dikabarkan, air laut di sebelah timur Benteng Portugis tidak megalami surut seperti apa yang di kabarkan di media sosial hinga viral dan menjadi kekuatiran banyak orang. Pantai di sebelah timur Benteng Portugis mengalami pendangkalan karena penumpukan lumpur sehingga air laut menjadi terdorong ketengah dan berkesan mengalami surut.

Baca Juga  TNI Polri Sinergi, Stabilitas Nasional Mantap

Lumpur sebagai penyebab pendangkalan tersebut dikarenakan angin timur sangat kencang yang terjadi sejak bulan Maret dan mendorong air laut yang membawa material lumpur kemudian tertahan di sisi timur Benteng Portugis. Hal tersebut biasa di kenal dengan istilah timuran bagi nelayan Desa Ujungwatu dan terjadi setiap tahun.

“Untuk tahun ini memang kejadian cukup parah dibanding tahun-tahun sebelumnya, lumpur yang terbawa arus laut sangat banyak, dan ini sangat menyusahkan nelayan kalau mau melaut menuju perahu harus melewati lumpur.” ujar salah satu nelayan Desa Ujungwatu, Rabu (30/9/2020).

Penampakan lumpur inilah yang seperti daratan, ketika orang melihat video akan mengkait-kaitkan surutnya air laut dengan adanya Tsunami 20 meter yang selama ini di beritakan di media.

Baca Juga  Happy Thanksgiving

“Banyak orang berdatangan ingin menyaksikan langsung surutnya air laut di metawar (Dukuh yang berada di Desa Ujungwatu tempat endapan lumpur) karena adanya video di youtube tersebut” ungkap sardi, salah satu Warga Ujungwatu.

loading...

Dengan viralnya video tersebut membuat resah warga Desa Ujungwatu, apalagi dikait-kaitkan dengan ancaman Tsunami 20 meter. Banyak telepon konfirmasi yang di tujukan ke Warga Desa Ujungwatu dari saudara-saudaranya yang berada di jauh tentang kebenaran video tersebut.

“Saya dapat kiriman video dari teman saya di group Whatsapp jadi ketakukan, bahkan saya mau dijemput anak saya yang Di Semarang karena dikait-kaitkan dengan Tsunami 20 meter yang ada di berita tivi” Ungkap Tyas Warga Ujungwatu.

Baca Juga  Ki Manteb : Komjen Listyo Sigit Seperti Werkudoro, Sosok Bijaksana


















(MYN/JJID)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *