Wapres Maruf Amin: Vaksin Dari China Tidak Halal Tidak Masalah, Kondisi Darurat

JAKARTA, jurnaljateng.id, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin bertemu dengan Menteri Koordinator (Menko) Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto, dan Pihak Biofarma di rumah dinasnya, Jumat (2/10/2020).

Pertemuan tersebut terkait upaya penanggulangan dampak pendemi Covid-19. Semua pihak, terutama untuk pemerintah dalam kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan warga masyarakat di seluruh Indonesia sangat menunggu adanya vaksin di temukan untuk menghambat dan bahkan menghentikan pendemi Covid-19.

Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan, dalam pertemuan itu menyampaikan hasil perkembangan vaksin Covid-19 yang rencananya akan diimpor dari Negara Tirai Bambu itu pada bulan November mendatang.

Selain menyampaiakan hasil perkembangan, Luhut juga sempat menyinggung soal kehalalan vaksin Covid-19, membuat dia menanyakan bisa atau tidaknya untuk digunakan.

Baca Juga  Demo UU Ciptaker, Pelajar SMA dan SMK Diamankan Polda Metro Jaya

Berdasarkan keterangan yang di ungkap Juru Bicara (Jubir) Wapres, Masduki Baidlowi, Wapres Ma’ruf menekankan agar kehalalan vaksin menjadi perhatian.

Akan tetapi, Maruf Amin mengaku tidak masalah jika vaksin Covid-19 tidak halal, mengingat kondisi seperti sekarang ini darurat pandemi Corona.

“Jadi Wapres menjelaskan dua hal. Vaksin itu kalau halal ya bagus, enggak ada problem. Tetapi kalau misalnya tidak halal tidak masalah karena itu dalam kondisi darurat,” ujar Masduki dikutip dari kanal YouTube KOMPASTV.

loading...

Meski vaksin itu ada kemungkinan untuk tidak halal, tambah Masduki, tetapi masih bisa dipakai.

Baca Juga  Hakim Hibbatul, GM Tim Pusaka Fc Support Tim Joker Fc Semarang

Lebih dari itu, lanjut Masduki, Maruf Amin meminta pihak MUI untuk ikut tim terkait berkunjung ke China sehingga bisa memastikan langsung kehalalan vaksin tersebut. Meski tidak akan jadi hambatan, kalau halal alhamdulilah, kalau nggak halal nggak masalah.

Bebagai komentar dari warganet terkait pernyataan resmi dari Ma’ruf Amin melalui Juru Bicaranya.

Salah satunya adalah pemilik akun @Ricky Arcky “Sebaiknya para pejabat dulu yang divaksin karena mereka garda terdepan pemerintahan harus selamat duluan agar pemerintahan tidak lumpuh. Rakyat mah gampang ngalah dulu.”

“Apakah benar darurat? Jika ternyata salah lalu bagaimana? Darurat karena sesuatu yang tidak terlihat akan selalu diragukan kebenarannya. Hanya berpendapat,” sambung akun @Hoki 01.

Baca Juga  Ketua AWPI Kota Semarang Ucapkan Belasungkawa Terkait Sriwijaya Air SJ-182





(SRID/JJID)

2 tanggapan untuk “Wapres Maruf Amin: Vaksin Dari China Tidak Halal Tidak Masalah, Kondisi Darurat

  • 4 Oktober 2020 pada 9:59 pm
    Permalink

    La klo ada yg halal kenapa malah yg harom

    Balas
  • 5 Oktober 2020 pada 1:19 am
    Permalink

    Itu kalau kemungkinan tidak halal, wapres tetap mengupayakan yang halal, bahkan MUI juga diminta terlibat langsung, tapi kalau misal dinyatakan tidak halal itu nggak jadi hambatan karena memang dalam kondisi darurat.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *