Bupati Kendal Mengunjungi Korban Kebakaran Desa Gentinggunung,Bangun Segera Rumah Warga

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengunjungi korban kebakaran di dusun Genting, Desa Genting Gunung, Kecamatan Sukorejo Kendal, Senin (10/6/2024).

JURNALJATENG.ID, KENDAL – Pemerintah Kabupaten Kendal mengunjungi korban kebakaran serta memberikan bantuan kepada korban terdampak, di Dusun Genting RT 6 RW 1 Desa GentingGunung, Kecamatan Sukorejo Kendal, Jawa Tengah.Senin (10/6/2024) .

Diketahui kebakaran terjadi pada Jumat (7/6/2024) sekitar pukul 10:00 WIB. Ada 3 rumah habis dilalap api dan 3 rumah terdampak kebakaran.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, hadirnya kami bersama jajaran sedikit meringankan beban keluarga yang terkena musibah,tentunya untuk memberikan semangat moril atas kejadian tersebut.pasalnya, kerugian yang dialami ditaksir mencapai Rp 350 juta.

“Kehadiran saya di sini untuk memberikan semangat moril warga terdampak, karena masih terdapat beberapa warga yang masih trauma atas kejadian ini,” Ujar Bupati Kendal Dico M Ganinduto.

Lanjut Dico, merasa prihatin atas kejadian yang menimpa warga Dusun Genting. Ia pun telah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk segera membangun ulang rumah warga yang terbakar.

Baca Juga  GAMKI Kota Semarang, Selamat Jalankan Ibadah Bulan Puasa Bagi Umat Muslim

“Sudah kami koordinasikan dengan pak lurah, pak camat dan pihak terkait untuk mendarat berapa total kebutuhan untuk bangun rumahnya,” katanya

Dico menjelaskan, rumah warga yang terbakar mayoritas menggunakan bahan kayu. Ditambah lagi, jarak antara satu rumah dengan rumah yang lain cukup dekat.Hal itu membuat api cepat menyebar dan sulit dipadamkan.imbuhnya.

loading...

Pemkab Kendal pun kini telah bergerak cepat untuk memberikan bantuan rumah. Rencananya, pembangunan akan segera dilakukan dalam waktu dekat.

“Tinggal Pemerintah Kabupaten Kendal nanti akan membangun kembali rumah, berapa nanti kebutuhannya akan kita suport agar warga bisa kembali beraktivitas secara normal,” imbuhnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Desa Genting Gunung, Rudi Darmawan mengatakan penyebab kebakaran berasal dari salah satu rumah milik warga yang menyalakan api di tungku.Tanpa memperhatikan kondisi api yang masih menyala, warga tersebut berlalu begitu saja pergi ke sawah.

Baca Juga  Serahkan BPUM, Presiden Dorong Pelaku Usaha Mikro di Tengah Pandemi

“Jadi pas pulang dia kaget rumahnya sudah terbakar,” ungkapnya.

Lanjut Rudi, Seluruh korban kini tinggal sementara di rumah saudara masing-masing. Dalam beberapa hari warga terkena kebakaran saat ini masih mengalami trauma.”Ada yang sudah mendingan. Tapi ada juga yang saat ini masih trauma,” Bebernya.

Alhamdulillah, Hingga saat ini para donatur yang masuk dari beberapa elemen masyarakat dan pemerintahan berupa uang sejumlah 37.000.000 (Tiga puluh juta rupiah) .

“Kebutuhan yang diperlukan untuk saat ini berupa material bangunan,Untuk baju alhamdulillah sudah cukup,fokusnya dari posko kebakaran yaitu kebutuhan material bangunan,kata Kepala desa Gentinggunung.

Pemerintah Desa mengucapkan Terima kasih atas bantuan semua pihak dari masyarakat dan Ormas keagamaan dan khususnya bupati Kendal pak Dico Ganinduto berkenan hadir dan melihat kondisi warga akibat kebakaran,Tutupnya. (JJID/SFK)

Baca Juga  Sebagian Warga Jepara, Meragukan Kematian Akibat Covid-19, ini Jawabnya.