Pengamat IPI Karyono: KAMI Gerakan Berbau Politik Praktis

JAKARTA, jurnaljateng.id, Pengamat politik dari Indonesian Public Institute (IPI), Karyono Wibowo, menyebut menjelang Pemilu 2024, ada kemungkinan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) menjadi partai politik. Karena model yang dilakukan tidak berbeda jauh dengan Nasdem dan perindo yang dulunya meyakinkan publik tidak akan berubah menjadi partai.

“Gelagatnya kuat menjadi partai politik. Sekarang bisa jadi mereka sebagai ormas bergerak sampai ke daerah-daerah,” kata Karyono di Jakarta, Kamis (27/8) dikutib dari Radar. Ketika mendekati momentum pemilu deklarasi sebagai parpol, meskipun sebelumya telah menyatakan tidak akan berubah menjadi partai.

Baca Juga  Bank Dunia Puji UU Ciptaker, Ini Komentar Warganet

Karyono meragukan gerakan seperti KAMI tidak akan berubah menjadi parpol, karena hal tersebut sudah lebih dulu dilakukan oleh NasDem dan Perindo. Keduanya dulu juga dimulai dari ormas. Sebagaimana diketahui, KAMI juga sudah dideklarasikan di sejumlah wilayah. Yang terbaru di Solo, Jawa Tengah.

“Seperti NasDem dan Perindo dulu. Awalnya kan dari ormas. Kemudian mereka membangun infrastruktur dari pusat sampai daerah. Setelah itu deklarasi menjadi parpol,” paparnya.

Baca Juga  Ketua DPC AWPI Kota Semarang Yudi Hendrilia: Jas Merah HPN Jangan di Lupakan

Dia sependapat dengan sindiran Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang menyebut banyak orang yang ingin jadi presiden di dalam KAMI.

“Saya melihat gerakan KAMI tidak sekadar gerakan moral. Tetapi gerakan berbau politik praktis,” tegasnya.

Sangat wajar, jika ada pihak-pihak yang mensinyalir ada kepentingan politis di balik gerakan KAMI tersebut.



loading...

(RDBYM/JJID)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *