Bisakah PC Anda Menjalankan Windows 11? Ini Syaratnya

JURNALJATENG.ID, SEMARANGProsesor AMD dan Intel sebelum akhir 2017 tidak ada dalam daftar. Tetapi persyaratan CPU Microsoft untuk Windows 11 mungkin tidak seketat yang dipersyaratkan.

Jika Anda memiliki laptop berusia empat tahun atau lebih, maka Microsoft menganggap PC Anda tidak bisa menjalankan Windows 11.

Untuk produk Intel Core, Microsoft mengatakan Windows 11 hanya boleh berjalan pada prosesor yang dimulai dengan keluarga Coffee Lake (misalnya, i3-8300), yang keluar pada Oktober 2017.

Sedangkan untuk AMD, dukungan Windows 11 dimulai dengan seri Ryzen 2000, yang diluncurkan pada tahun 2018. CPU Ryzen generasi pertama dari tahun sebelumnya secara jelas ditinggalkan.

Ditegaskan, Persyaratan CPU ketika Microsoft merilis versi baru pada hari Jumat (25/6/2021) ketika melakukan instalasi atau upgrade aplikasi akan melakukan pengecekan, kemudian apliksi akan memberi tahu mengapa laptop atau desktop tidak dapat menjalankan Windows 11 jika perangkat keras gagal dalam test kompatibilitas.

Baca Juga  Jika Menganggap Covid-19 Hoax, Ini Yang Akan Terjadi

Sebagai contoh, Dell XPS 13 yang dibeli empat tahun lalu. Ternyata, laptop tersebut gagal lulus uji kompatibilitas Windows 11. Alasannya? Chip Intel dual-core i5-7200U, yang diluncurkan pada 2016, tampaknya terlalu tua.

Persyaratan sistem yang sama juga mengatakan prosesor 64-bit dual-core yang kompatibel dengan kecepatan clock 1GHz sudah cukup untuk menjalankan Windows 11. Hal tersebut sepertinya dapat menjalankan mesin yang lebih tua dapat menjalankan OS.

loading...

Namun pada hari Jumat, wakil presiden Microsoft Steve Dispensa mengindikasikan persyaratan CPU berlaku untuk semua perangkat keras PC.

“Tidak, Windows 11 memiliki persyaratan CPU yang lebih spesifik daripada hanya dual-core 1GHz dan lebih tinggi,” katanya dalam tweet.

Baca Juga  Bom Bunuh Diri di Katedral, Kapolri: Masyarakat Tidak Usah Panik

Namun, laptop berusia empat tahun tentu saja belum bisa dianggap tua. Jadi tidak mengherankan jika kebutuhan CPU sudah membuat marah konsumen.

“Yah, ini agak mengejutkan. Saya memiliki prosesor ThinkPad P51, Xeon CPU E3-1535M berusia tiga tahun dan itu tidak didukung,” tulis seorang pengguna di Twitter.

“Mengecewakan melihat mesin baru dan kuat ini tidak didukung, saya berharap bisa diperbaiki.” (Prosesor Xeon E3-1535M sendiri diluncurkan pada tahun 2015.)

Jadi sepertinya melewati persyaratan CPU mungkin hanya perlu mengklik halaman peringatan. Namun, tampaknya Microsoft telah memperbarui halaman web untuk menghapus penyebutan persyaratan.

Persyaratan lain untuk Windows 11 adalah kebutuhan akan chip keamanan yang disebut Trusted Platform Module (TPM). Industri teknologi mulai memasukkan TPM versi 2.0 ke dalam PC lima hingga tujuh tahun yang lalu.

Baca Juga  5 Rekomendasi Smartphone Di Bawah 2 Jutaan Klas Menengah Di Akhir Juni 2020

(YHWJJID)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *