Webinar Implementasi Smart City Empat Bupati Menjadi Narasumber

Kendal, Jurnaljateng.id, Webinar dengan tema “Implementasi Smart City, Village dan Region pada Masa Pandemi Covid-19 dan dalam menghadapi New Normal” dengan narasumber dari 4 kepala daerah, Bupati Kendal, Bupati Kebumen, Bupati Empat Lawang dan Bupati Kutai Timur. Prof. Dr. M. Baiquni, MA. Sebagai host sedangkan DR. Rini Rachmawati, S.Si, M.T moderator dan pemantik diskusi.

Bupati Kendal dr.Mirna Annisa, M.Si menjadi salah satu narasumber dari empat narasumber Bupati yang mengisi Webinar tersebut. Dalam pemaparanya menyampaikan beberapa program inovasi Smart City pada masa Pandemi Covid-19. Menurut penjelasanya Terdapat 11 program prioritas, beberapa diantara adalah pendapatan masyarakat dengan mall online (marketplace).

“Pendidikan dengan E-Book, kesehatan dengan Yankes Online,” jelas Bupati Kendal, Senin (29/06/2020).

Baca Juga  Gubernur Jateng Minta Demak, Kendal, Kabupaten dan Kota Semarang Lakukan PKM Serentak

Dalam kesempatan yang sama, Mirna Annisa menyampaikan telah membuat berbagai kebijakan yang terkait dengan pandemi Covid-19. Kebijakan Tersebut diantaranya Perbub No 51 Tahun 2020 tentang kewajiban penggunaan masker dan jaga jarak fisik. Selain itu juga Surat Edaran (SE) panduan penyelenggaraan kegiatan keagamaan, SE pembatasan aktifitas kegiatan bagi pelaku usaha, dan SE himbauan pembatasan aktifitas kegiatan masyarakat.Adanya Kampung Tangguh Nusantara yang mulai menyebar di seluruh desa di Kendal, Merupakan bagian dari langkah-langkah pencegahan Covid-19. Disamping rumah karantina yang telah di siapkan setiap desa dengan kesadaran mandiri.

DR. Rini Rachmawati, S.Si, M.T selaku koordinator kelompok studi Smart City, Village dan Region Sekertaris Geografis, Fakultas Geografi UGM mengungkapkan, sungguh baik apa yang sudah dilakukan Bupti Kendal. Seperti yang diketahui bahwa kasus positif di daerah tersebut memang meningkat namun warga yang positif rata-rata merupakan orang Kendal yang bekerja di luar Kendal.

Baca Juga  Pendamping Kandidat Petahana Kendal Mirna Annisa,"Siapakah Gerangan"

Apresiasipun diberikan kepada Bupati Kendal terkait penanganan Covid-19 termasuk pemanfaatan aplikasi yang dapat diakses hingga tingkat RT.

“Penerapan Poskamling pintar juga bekerja dengan baik sehingga kejadian darurat yang terjadi dapat segera dilaporkan,” ungkap Rini Rachmawati.

loading...

Selain itu, dalam acara webinar tersebut, tiga Kepala Daerah lainnya yang menjadi narasumber juga menyampaikan program yang telah diimplementasikan di masing-masing daerahnya terkait persiapan menghadapai New Normal.

Kabupaten Kebumen yang menjadi salah satu pemenang dalam program video New Normal pada kategori Pasar Modern turut memaparkan idenya dan menjadi sumber diskusi. (DIAK/JJID)

Baca Juga  Kampung Tangguh Semeru Jawa Timur, Saat ini Total 1.559.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *