Warga Jateng Membuat Bus AntiCorona

JURNALJATENG.ID, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau dua unit bus anticorona karya perusahaan karoseri Jateng. Bus berlabel “Bio Smart and Safe Bus” ini tadi sore diparkir di halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah, Senin (14/12).

Dua unit bus tersebut terdiri atas bus penumpang dan Bus Bio laboratorium. Bus tersebut dibuat dengan standard tinggi untuk meminimalkan penyebaran virus Covid-19.

Direktur Teknik Laksana Bus, Stefan Arman, mengatakan, Bio Smart and Safe Bus tersebut didesain menggunakan pendekatan segitiga sakit Di antaranya aspek lingkungan atau environment, aspek pathogen dengan pengaplikasian lapisan nano silver yang dapat menguraikan virus atau bakteri pada interior bus, dan aspek host atau penumpang dengan penggunaan masker khusus dengan kandungan herbal.

“Aspek lingkungan sudah mengadopsi tata letak kursi 1-1-1 atau physical distancing. Sistem yang membedakan dengan bus pada umumnya adalah sirkulasi udara yang sudah mengadopsi sistem sirkulasi udara di pesawat,” katanya saat ditemui usai peninjauan oleh Gubernur Jawa Tengah.

Baca Juga  Tim Pengacara Sarmin Ungkap Sengketa Tanah di Kragilan Donorojo Magelang

Stefan menjelaskan, sistem sirkulasi udara dingin yang dihembuskan melalui AC langsung bertikal ke bawah. Udara itu kemudian dihisap dan disalurkan ke 3 tahapan filter yaitu prefilter, HEPA grade filter, dan UV C.

“Diharapkan dengan sistem sirkulasi udara yang baru ini bisa meminimalkan atau mengurangi viral load yang ada di dalam kabin bus,” ungkapnya.

Sementara terkait unit Bus Bio Laboratorium, kata Stefan, merupakan prototype pertama yang memodifikasi kendaraan bus untuk laboratorium. Pada dasarnya bus Bio Laboratorium itu sama dengan bus-bus laboratorium yang sudah ada. Bedanya bus Bio Laboratorium tersebut memiliki banyak ruangan tersekat dengan Bio Safety level tinggi dari kendaraan laboratorium lainnya.

loading...
Baca Juga  RUTAN Pemalang Ikuti Evaluasi Zona Integritas Menuju WBK

“Biasanya bus laboratorium hanya memiliki satu ruangan, desain kami memiliki dua ruangan tersekat sehingga lebih meminimalisir penyebaran bakteri atau virus,” katanya.

Lebih lanjut, bus tersebut rencana akan didistribusikan ke daerah-daerah yang tidak memiliki fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan laboratorium.

*Bus ini nantinya akan digunakan untuk tes PCR atau swaa dengan menjangkau area atau daerah terpencil yang tidak memiliki fasilitas kesehatan seperti rumah sakit vatau laboratorium. Bus Bio Laboratorium ini pekan depan baru akan menjalani sertifikasi untuk mengetahui kapasitas tes yang bisa dilakukan,” jelasnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi produk bus dari Karoseri Laksana tersebut. Menurutnya, bus tersebut bisa menjadi salah satu alternatif transportasi yang aman di tengah masa pandemi.

Baca Juga  Sejarah Plat Nomor Kendaraan Di Indonesia

“Busnya bagus. Bisa jadi alternatif di tengah situasi seperti ini,” katanya.
.

(HMSJTG/JJID)

49 tanggapan untuk “Warga Jateng Membuat Bus AntiCorona

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.