Teh Bunga Kembang Sepatu Meningkatkan Sistem kekebalan Tubuh Saat Pandemi

Manfaat Kesehatan Luar Biasa dari Minum Teh Bunga Kembang Sepatu.

jurnaljateng.id, Hampir semua oang mengenal kembang sepatu atau Hibiscus ini dengan penuh warna warni. Tanaman hias yang satu ini bisa tumbuh subur tanpa perawatan ekstra. Bunga kembang sepatu tidak hanya memberikan kindahan di taman, tetapi juga memiliki kegunaan sebagai obat. Kalian dapat menbuat teh dan ekstrak cair dari bunga kembang sepatu untuk membantu pengobatan berbagai hal.

Bunga kembang sepatu memili warna yang bermacam-macam, merah, kuning, putih.Varietas yang paling polpuler adalah Hibiscus sabdariffa L. Bunga merah dari varietas ini paling banyak di budidayakan untuk bahan baku pembuatan teh kembang sepatu selain untuk keperluan pengobatan.

Apa itu Teh Bunga Sepatu?

Teh Bunga kembang sepatu yang biasa juga disebut teh asam, terbuat dari kombinasi bunga kembang sepatu kering, daun dan kelopak merah gelap (pusat bunga berbentuk cangkir), yang ketika diminum memiliki rasa asam. Teh kembang sepatu sarat dengan polifenol dan anthocyanin yang berkontribusi banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Bunga kembang sepatu telah lama digunakan di luar negeri sebagai bahan minuman. Di India teh ini dikenal dengan sebutan orhul, agua de jamaica (Meksiko), bissap (Afrika), sorrel (Jamaika), karkadé (Mesir dan Arab), dan soobolo (Ghana).

Nilai Gizi Teh Kembang Sepatu.
100 g teh kembang sepatu mengandung 99,58 g air dan juga mengandung:
• 0,08 mg zat besi
• 3 mg magnesium
• 1 mg fosfor
• 20 mg kalium
• 4 mg natrium
• seng 0,04 mg
• 0,04 mg niasin
• 1 μg folat
• 1 μg folat
• 0,4 mg kolin
Sumber : USDA, Boldsky.com

loading...

Manfaat Kesehatan Teh Kembang Sepatu
1. Menurunkan Tekanan Darah
Sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition, menemukan bahwa teh bunga kembang sepatu memiliki kemampuan ampuh untuk menurunkan tekanan darah pada orang yang berisiko terkena tekanan darah tinggi dan mereka yang memiliki tekanan darah tinggi ringan. Mereka yang minum teh kembang sepatu selama enam minggu akan mengalami penurunan tekanan darah mereka.

Baca Juga  Menggunakan KIS/BPJS Untuk Berobat Di Puskesmas, Klinik, Rumah Sakit Atau Dokter Praktek

2. Menguatkan Kesehatan Jantung dan Menurunkan Kolesterol
Teh kembang sepatu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida LDL, faktor risiko utama penyakit jantung. Mengkonsumsi teh kembang sepatu telah terbukti meningkatkan kolesterol HDL (baik) dan menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan
Sebuah laporan penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak kembang sepatu memiliki kemampuan untuk mengatur metabolisme dan mengurangi berat badan, BMI, lemak tubuh, rasio pinggang-pinggul dan selain itu penyerapan pati dan glukosa.

4. Meningkatkan Kesehatan Hati
Ekstrak kembang sepatu mengandung antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan hati. Konsumsi ekstrak kembang sepatu telah terbukti menurunkan risiko penyakit hati berlemak.

5. Mengobati diabetes tipe 2
Minum teh kembang sepatu dapat membantu mengobati diabetes tipe 2 dan meningkatkan sensitivitas insulin. Teh kembang sepatu mengandung phytochemical yang terbukti memiliki efek positif pada penderita diabetes tipe 2. Sebuah laporan penelitian menunjukkan, dengan meminum 150 ml teh kembang sepatu tiga kali sehari selama empat minggu, hasilnya adalah peningkatan resistensi insulin dan lipoprotein pada penderita diabetes tipe 2.

6. Melawan infeksi bakteri
Bakteri menyebabkan sejumlah infeksi mulai dari infeksi saluran kemih hingga pneumonia. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Jurnal Ilmu Pangan dan Pertanian menunjukkan sifat antimikroba dan antioksidan dari ekstrak kembang sepatu pada bakteri E. coli. Ekstrak kembang sepatu memiliki kemampuan yang kuat untuk menghambat bakteri E. coli, bakteri yang menyebabkan pneumonia, infeksi saluran kemih dan diare.

7. Dapat Mencegah Kanker
Bunga Kembang Sepatu mengandung polifenol yang memiliki efek antioksidan dan anti tumor. Polifenol ini telah terbukti menginduksi kematian sel karsinoma lambung pada manusia. Studi lain menunjukkan bahwa asam protiscatechuic hibiscus, senyawa fenolik yang diekstrak dari bunga kembang sepatu kering telah terbukti menginduksi sel-sel leukemia pada manusia.

Baca Juga  Ariyati Pensiunan Guru Yang Tekuni Budidaya Jamur

8. Sebagai antidepresan alami
Jika Kalian menderita depresi, dan ingin menurunkannya, minum teh kembang sepatu mungkin perlu dipertimbangkan karena teh bunga kembang sepatu mampu menurunkan gejala depresi. Bunga kembang sepatu mengandung flavonoid seperti anthocyanin dan quercetin. Flavonoid ini diketahui memiliki aktivitas antidepresan yang dapat membantu menurunkan depresi.

9. Menyembuhkan Luka.
Konsumsi teh kembang sepatu dapat mengobati luka dan jenis penyakit kulit lainnya. Studi dilakukan pada tikus, yang menunjukkan bahwa ekstrak kembang sepatu membantu penyembuhan luka lebih cepat dibandingkan dengan salep topikal.

10. Dapat mencegah batu ginjal
Suplementasi ekstrak air bunga kembang sepatu dalam dosis yang berbeda dapat secara signifikan menurunkan pembentukan batu ginjal. Namun, uji klinis lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan temuan tersebtu.

11. Meredakan kecemasan
Teh dan Ekstrak kembang sepatu memiliki sifat anti-kecemasan dan efek sedatif, yang berarti setelah dikonsumsi dapat menghilangkan kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur.

12. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Teh kembang sepatu kaya akan asam askorbat, juga dikenal sebagai vitamin C yang berperan sebagai nutrisi penting yang dibutuhkan untuk meningkatkan dan merangsang aktivitas sistem kekebalan tubuh Anda. Teh kembang sepatu juga dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang berperan dalam mencegah Anda terkena flu, demam dan penyakit lainnya.

13. Melancarkan sistem pencernaan
Teh bunga kembang sepatu mampu memperbaiki pencernaan dengan melancarkan buang air besar dan air kecil karena memiliki sifat diuretik dan juga digunakan untuk mengobati sembelit.

Baca Juga  Pekan Menyusui Dunia 2020: Menyusui Secara Aman Selama Pandemi Covid-19

14. Melegakan dahaga
Teh kembang sepatu juga digunakan dengan cara yang sama seperti minuman lainnya untuk memuaskan rasa haus. Teh ini biasa juga disajikan dalam keadaan dingin.

15. Meringankan gejala haid (PMS)
Hal ini membantu dalam memulihkan keseimbangan hormon dan mengurangi gejala menstruasi lainnya seperti perubahan mood, depresi, dan makan berlebih.

Extrak Bunga kembang sepatu biasanya sudah tersedia dalam bentuk teh celup, teh siap minum, lembaran kelopak bunga, bubuk enkapsulasi dan ekstrak cair.

Kemungkinan Efek Samping Dari Teh Bunga Kembang Sepatu.

Meskipun teh dan ekstrak bunga kembang sepatu memiliki banyak manfaat, tetap ada efek samping yang perlu kalian ketahui.

Konsumsi teh kembang sepatu dengan tidak berlebihan, dosis ringan dianggap aman dengan sedikit efek samping.

Konsumsi teh kembang sepatu yang berlebihan dapat menyebabkan keracunan hati, pusing dan kelelahan. Kapsul dan bubuk kembang sepatu ketika dikonsumsi dalam dosis tinggi dapat menyebabkan sakit perut, gas, sakit kepala dan mual.

Teh kembang sepatu dapat mengganggu obat-obatan tertentu seperti obat antihipertensi dan obat diabetes.

Wanita hamil dan menyusui harus berkonsultasi dengan dokter mereka sebelum mengkonsumsi teh kembang sepatu. (BOLDSKY/JJID)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *