BMKG : Masyarakat Diminta Waspada Adanya Potensi Banjir Pesisir

JURNALJATENG.ID, JAKARTABadan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat yang berada di daerah pantai untuk waspada. Diperkirakan berpotensi banjir rob atau banjir pesisir akibat dari dampak fenomena Super Blood Moon.

Dalam keterangan tertulisnya, Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo, Fenomena Super Blood Moon akan di sertai fenomena potensi banjir rob atau banjir pesisir terhadap wilayah Indonesia, Kamis (27/5/2021).

Menurutnya, berdasarkan pemantauan BMKG, terdapat angin yang berhembus konsisten dengan kecepatan cukup tinggi hingga 46 kilometer per jam di beberapa perairan Indonesia.

“BMKG sejak 24 Mei kemarin dipertajam lagi tanggal 25 Mei dan hari ini kita pertajam agar masyarakat mewaspai untuk beradaptasi dan memitigasi terhadap ancaman banjir pesisir ini yang hari dan jam nya tidak sama di antara wilayah yang kita petakan tadi,” jelas Eko di kutib Jurnaljateng.id dari KBRN.

Baca Juga  Guru Di Jepara Positif Covid-19 Meninggal, Sekolah Di Liburkan Sepekan

Ia juga mengatakan, fenomena Gerhana Bulan Total (GBT) mempengaruhi naiknya ketinggian pasang surut air laut. Dimana, posisi bulan, bumi dan matahari yang sejajar satu garis akan menimbulkan gaya tarik terhadapa air laut sehingga terjadi pasang air laut yang lebih tinggi hingga menyebabkanbanjir rob.

BMKG telah menyiapkan upaya mitigasi jika terjadi bencana terkait potensi banjir pesisir. selain itu juga mengingatkan masyarakat agar tetap waspada.

Ada 11 wilayah yang BMKG petakan berpotensi terjadi banjir rob yang hari dan jamnya tidak sama diantara wilayah-wilayah yang di petakan.

loading...
Baca Juga  Danrem 072/Pmk Beri Pengarahan Jelang Libur Panjang

Wilayah yang berpotensi rob yakni Jakarta, terjadi sepanjang 28 Mei sampai 30 Mei 2021, Banten juga 28 hingga 30 mei, Sumatra Utara pada 26 Mei, Batam 26 Mei, sedangkan Jawa Tengah Sepanjang 29 hingga 31 Mei.

Kemudian untuk Jawa Timur sepanjang 26-29 Mei, Kalimantan Barat pada 26 Mei, Nusa Tenggara Timur pada 26-28 Mei, Sulawesi Utara 26 Mei, Maluku 26 Mei sedangkan Papua pada 26 Mei.

“Ada yang 26 hingga 27 Mei Saja, ada yang justru mulai 28 mei seperti Jakarta Utara dan Banten hingga 30 Mei” Pungkasnya.

Baca Juga  Ir.H.Bambang Dwiyanto: Pelayanan Publik Prioritas Dukcapil Kendal

(Gambar Ilustrasi Banjir Rob)

(YHW/JJID)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *