Tekan Penyebaran Covid-19, Peran Aktif Jogo Tonggo dan Kampung Siaga Candi Sangat Dibutuhkan

PATI, jurnaljateng.id, Dalam memutus penyebaran Covid-19, peran aktif semua pihak Jogo Tonggo sangat dibutuhkan, begitu juga kehadiran bhabinkamtibmas yang membantu dalam menekan penyebaran Covid-19 tersebut.

Bupati Pati Haryanto menyampaikan, Bhabinkamtibmas dan Babinsa sangat membantu dalam upaya tracing Covid-19. Mereka berada pada garda depan setiap kali ada masyarakat yang terindikasi terpapar Covid 19 .

Bupati mengakui, masyarakat tidak bisa memprediksi apakah daerahnya termasuk yang paling aman. Dengan mperbanyak jumlah uji swab dan rapid, juga berimbas semakin banyaknya kasus yang terdeteksi. Meski demikian, grafik pergerakan Covid-19 di Pati tergolong stabil dan datar dibandingkan daerah tetangga, karena terlibatnya semua elemen dalam menekan jumlah penyebaran virus.

Baca Juga  Pendam IV/Diponegoro Dan Tim Gema Diponegoro Kunjungi TMMD

“Ini (Jogo Tonggo) merupakan salah satu langkah untuk menyelamatkan kesehatan masyarakat. Kehadiran Bhabinkamtibmas ini agar dimaksimalkan, paling tidak bisa menjadi pendeteksi dini,” terangnya, pada Asistensi Kampung Siaga Candi dan Launching Ikon Bhabinkamtibmas CANDI, di Desa Margorejo, Senin (3/8/2020).

Dalam kesempatan yang sama Bupati menyampaikan, pembentukan kampung siaga candi efektif dalam meningkatkan kewaspadaan masyarakat dalam menghadapi kondisi pandemi Covid-19. Sehingga, penanganan Covid-19 di Pati bisa berhasil dengan sinergi antara Jogo Tonggo dan Kampung Siaga Candi.

“Program kerja dalam kampung siaga candi di Kabupaten Pati terdiri dari penyemprotan disinfektan di lingkungan masyarakat, pelatihan penanganan jenazah Covid-19, menyalurkan sembako dari pemerintah untuk masyarakat, dan lain-lain,” jelas bupati.

Baca Juga  Pemerintah Kabupaten Blora Memperdayakan Warga Terdampak Covid-19 Bangun Jaringan Irigasi

Haryanto juga mengingatkan, agar masyarakat tetap berhati-hati, selalu memakai masker dan menjaga jarak untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

loading...

“Jika tubuh kita sehat, tetapi lingkungan sekitar tidak sehat, maka kita juga bisa terdampak virus,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu bupati menyampaikan selamat atas terpilihnya Desa Margorejo menjadi juara pertama kampung siaga candi, dan akan yang mewakili Kabupaten Pati pada lomba kampung siaga candi tingkat Jawa Tengah. Selain itu bupati mengapresiasi diraihnya juara Babin CANDI kategori Negosiator tahun 2020 tingkat Jawa Tengah. Program ini merupakan implementasi dari program Gubernur Jawa Tengah, Jogo Tonggo.(DIKPT/JJID)

Baca Juga  PKN Himbau Bupati Jepara Memberikan Bantuan Dua Nenek Di Kecamatan Donorojo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *