Ketua KONI Kendal, Peran Tim Medis Dalam Perhelatan Porpov Pati Raya Sangat Vital

JURNALJATENG.ID, KUDUS – Keberhasilan terselengaranya event tak lepas dari peran tim medis. Kehadiran tim medis ,dan psikologi serta message dapat memberikan rasa aman, peserta Hal tersebut diungkapkan dr Turidin yang berdinas di Puskesmas Cepiring.

disela-sela acara porprov Pati Raya,Jawa Tengah ke XVI hari ke 5 .Peran tenaga medis di tengah suatu event sangatlah vital. Meski tidak terlalu tampak, namun saat perhelatan tenaga medis memberi pengaruh dan berperan besar dalam mengawal keberlangsungan suatu acara.

Selain menjadi garda terdepan dalam menangani masalah medis, tenaga medis juga bisa membantu masyarakat atau peserta dengan cara memberi informasi akurat dan penyuluhan terkait medis.

“Tim medis itu bisa dibilang yang bekerja di belakang layar. Mungkin peran kita tidak terlalu terlihat di suatu event olahraga, tetapi apabila memang dibutuhkan harus selalu siap dan sigap. Jadi peran sangat besar,” jelas dr Turidin yang menurunkan TIM 20 dalam keterangannya, Rabu (9/8/2023).

Baca Juga  Peran Pers Penting Di Pilwalkot Melawan Kotak Kosong

Turidin menambahkan peran penting dari tim medis terasa jika dalam perhelatan itu terjadi masalah kegawatdaruratan.

“Pasien tidak sadar, pasien yang amat sangat kesakitan itu adalah hal emergency yang harus segera ditangani. Selain itu nyeri dada pasien, sesak nafas pasien ini bisa terjadi meski jarang,” tandasnya.

Selain peserta acara, tim medis juga membantu masalah medis penonton.

loading...

“Kami menjaga event ini bukan hanya untuk peserta tetapi juga masyarakat yang menonton acara itu. Semua keluhan terkait medis dapat dikonsultasi dengan tim sehingga dapat segera dilakukan tindakan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Turidin mengatakan, dalam bekerja tim medis telah memiliki SOP yang baku.

“Tim medis akan mengecek tanda-tanda vital, seperti nadi dan nafas. Jika ada masalah segera dilakukan evakuasi seraya diberikan pertolongan,” imbuhnya.

Baca Juga  Atlet Tarung Derajat Kendal, Jakfar, Meraih Medali Emas di Ajang Porprov XVI Jateng 2023

Tim Medis Kendal turut berpartisipasi mengirimkan dokter umum, perawat dan armada ambulans pada rangkaian acara Porpov Jawa Tengah ke XVI di Pati Raya.

Sementara itu Ketua Umum KONI Kendal, Subur Isnadi mengaku terharu dan mengucapkan terima kasih kepada tim kesehatan Kendal, yang terus mendampingi para atlet di ajang Porprov XVI Jateng di Pati Raya.

“Terima kasih kepada tim kesehatan dan masseur yang tak kenal lelah mengawal para atlet Kabupaten Kendal dalam bertanding, dari pagi hingga petang untuk dapat berprestasi yang maksimal. Panjenengan semua sangat berjasa dalam event Porpov,” ungkapnya saat rapat koordinasi dan evaluasi, selasa petang, (8/8/2023) bersama Pengurus KONI Kendal.

Berita ini diterbitkan, Untuk Kontingen Porprov Kendal sementara meraih 14 emas, 16 perak dan 36 perunggu dan menduduki peringkat 12 di ajang Porprov XVI Jateng Pati Raya, yang digelar di beberapa kota di Jawa Tengah diataranya, Pati, Jepara, Rembang, Kudus, Blora, Grobogan dan non Pati Raya

Baca Juga  Pemkab Kudus Memfasilitasi Pelepasan Santri, H.M. Hartopo Pastikan Santri Bebas Covid-19

(JJID/SFK)