BKPP Launching Inovasi Akses ASN Kendal Smart Service Kepegawaian “SIKEP”

BKPP Launching Smart Service Kepegawaian (SIKEP) , dipendopo Tumenggung Bahurekso Kendal, Jawa Tengah, Selasa (5/12/2023).

JURNALJATENG.ID,KENDAL –Sekda Kendal, Ir Sugiono Launching Smart Service Kepegawaian (SIKEP) , dipendopo Tumenggung Bahurekso Kendal, Jawa Tengah, Selasa (5/12/2023).Dengan dilaunchingnya SIKEP, seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dapat mencapai efisiensi operasional, meningkatkan produktivitas ASN, dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih terhubung dan berorientasi pada pengembangan dan tentunya akan meningkatkan kinerja organisasi pada BKPP pada khususnya dan Pemkab Kendal

“Launching SIKEP, bagian dari transformasi digital, keberadaan layanan ini tidak hanya menjadi kebutuhan, tetapi juga pijakan untuk pertumbuhan dan keberlanjutan organisasi di masa depan,” ujar Sekda Kendal.

Sugiono, mengingatkan kepada BKPP untuk tidak hanya menggelar kegiatan seremoni peresmian aplikasi SIKEP dari sebuah gagasan atau ide saja, tapi bisa mengimplementasikan, dan bermanfaat bagi ASN yang ada di lingkungan Pemkab Kendal.tandasnya.

“Peningkatkan pelayanan administrasi kepada para ASN hadirnya SIKEP, semua ASN dapat mengakses data tersebut, bisa mengakses data pribadinya atau pengelola kepegawaian, setiap saat bisa melihat pangkat ASN dan kenaikan pangkatnya kapan, juga jabatan yang diemban sudah berapa lama menjabat, dan semuanya bisa di akses” ungkapnya.

Baca Juga  Resmikan Penghubung Jalan Sojomerto Hingga Akses Ke Kalices Curung Sewu, ini Kata Bupati Kendal
BKPP Kendal foto bersama selesai acara lauching, dilanjutkan diskusi, selasa (5/12/2023)

Gagasan Smart Service Kepegawaian atau SIKEP merupakan inovasi oleh Dina Arsita Widiari S.Psi, M.Si, selaku Sekretaris Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kendal.

Dina mengungkapkan, SIKEP merupakan aplikasi layanan kepegawaian berbasis smartphone dan telah terintegrasi dengan SIMPEG (Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian) dan SIASN (Sistem Informasi Aparatus Sipil Negara) Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang menyediakan layanan data dan informasi kepegawaian bagi seluruh Aparatur Sipil Negera di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal.

“Hal ini dilatar belakangi oleh tuntutan dan kebutuhan ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal terhadap akses layanan data dan informasi kepegawaian di BKPP Kabupaten Kendal yang cepat, akurat dan transparan serta akuntabel,” jelasnya.

loading...
Baca Juga  Polres Kendal Launching Aplikasi Online "Kendal Siaga"

Dengan aplikasi kepegawaian yang berbasis smartphone di Kabupaten Kendal yaitu SIKEP, lanjut Dina, ASN dapat dengan mudah mengakses informasi data kepegawaian pribadi mereka, ujarnya.

“SIKEP bukan hanya memberikan transparansi pelayanan publik, tetapi juga memberdayakan Aparatur Sipil Negara, untuk mengelola aspek-aspek penting dari kehidupan profesional mereka dengan lebih efektif,” Tegas Dina

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kendal, Abdul Basir dalam ,dalam acara Launching dan Sosialisasi Smart Service Kepegawaian (SIKEP).

”Layanan ini tidak hanya mempermudah pengelolaan data pegawai, tetapi juga menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi seluruh anggota organisasi. Sehingga bermanfaat bagi para ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkungan Pemetintah Kabupaten Kendal,” Pungkas Abdul Basir.

Baca Juga  Kapolres Kendal Pimpin Sertijab Pejabat Utama Polres

Di akhir acara Sekertaris Daerah Ir.Sugiono bersama pejabat Aparatur sipil negara .(JJID/SFK)