Ketua DPC AWPI Kota Semarang Yudi Hendrilia: Jas Merah HPN Jangan di Lupakan

JURNALJATENG.ID, SEMARANG – Ketua DPC AWPI Kota Semarang di hari Pers 9 Februari 2021 Mengajak awak media bisa melihat sejarah HPN (Hari Pers Nasional) kembali. JAS Merah HPN jangan dilupakan. Sejarahnya cukup sedih kita perjuangkan, Selasa (9/2/2021)

9 Februari 2021 sebagai hari penting bagi media dan wartawan.
Kalau kita melihat sejarah Hari Pers.

Dengan adanya Hari Pers Nasional ini atau yang biasa disingkat dengan HPN, tentu saja banyak sekali harapan dan ucapan Selamat Hari Pers Nasional untuk para Insan Pers yang ada di Indonesia.

Ketua DPC (AWPI) Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia kota Semarang, Yudi Hendrilia,M.Pd.K memberikan ucapan Selamat Hari Pers Nasional yang oleh insan pers diperingati setiap tanggal 9 Februari.

Sejarah HPN Sebelum adanya Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 1985, HPN telah digodok sebagai salah satu butir keputusan Kongres ke-28 Persatuan Wartawan (PWI) di Kota Padang, Sumatra Barat, pada 1978. Kesepakatan tersebut, tak terlepas dari kehendak masyarakat pers untuk menetapkan satu hari bersejarah dalam memperingati peran dan keberadaan pers secara nasional. Pada sidang ke-21 Dewan Pers di Bandung tanggal 19 Februari 1981, kehendak tersebut disetujui oleh Dewan Pers untuk kemudian disampaikan kepada pemerintah sekaligus menetapkan penyelenggaraan Hari Pers Nasional.

Baca Juga  Begini Nasib Gatot Nurmantyo, Bisa Tinggal Kenangan

Pers selalu mengalami dinamika permasalahannya dari masa ke masa. Bukan saja pada masa Orde Baru, tetapi juga sebelum Orde Baru hingga saat ini mulai dari belenggu kolonialisme hingga kebebasan pers yang dibungkam. Maka dari itu, diharapkan, melalui peringatan HPN, insan pers dan masyarakat sudah seharusnya senantiasa berbenah dan mewujudkan cita-cita Indonesia.” Pers sekarang semakin berkembang, apalagi diera digital saat ini banyak bermunculan media online/siber yang sampai sekarang menurut data SPRI Pusat sudah mencapai 43.300 lebih. Tentu saja memberikan warna baru di tengah informasi yang terkini, update semakin cepat

“Kalau kita melihat sejarah HPN sangat prihatin saat itu usaha untuk membukamkan insa pers cukup tragis, saya berharap saat ini kita sebagai insan bisa berbenah terus untuk menjadi baik dan profesional dalam mengembangkan berita secara faktual dan inovatif dalam menganalisis berita.,” Ucap Yudi wong saat diwawancarai awak media dikantor Hoscokrominoto, Semarang senin (8/2/2021).

loading...
Baca Juga  Rahmad Handoyo: Jangan Termakan Hoaks, Baca Utuh UU Ciptaker

Menurutnya pers menjadi bagian dari masyarakat akan kebutuhan informasi yang di dapatnya, meski pada beberapa dekade silam kebebasan pers terbatasi dan boleh dikatakan dibungkam oleh pemerintah saat itu.

Menurut paparanya, Diera digital saat ini akses informasi yang cepat sudah bisa di nikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia. Dengan hadirnya media ekektronik, media siber dan media online, sehingga menjadikan berbagai moment pemberitaan antar media online yang jumlahnya semakin bertambah. Saat ini semakin ketat saingan tinggal bagaimana menyikapi aja.

Lanjut Yudi, “Kami beserta jajaran AWPI kota Semarang, DPC AWPI kota Semarang berharap pers kedepan semakin dewasa dan kebebasan pers oleh insan pers dilaksakan sesuai kooridornya, dan tetap berpegang teguh pada UU Pers no 40/1999 serta sesuai kode etik jurnalistik. Oleh karena itu di Hari Pers Nasional, Kami ucapkan selamat khususnya pada rekan jurnalis yang berada ditanah air. Dalam menjalankan tugas selalu berpihak pada yang benar dalam pemberitaan berimbang, memberikan informasi yang terbaik buat bangsa Indonesia,” tegasnya.

Baca Juga  Jurnaljateng.id Jalin Kemitraan Bersama KOREM 072 DIY Daerah Istimewa Yogyakarta

selain itu Yudi Wong juga menandaskan, sebagai pilar ke empat dia mengajak untuk majukan Pers Indonesia, junjung tinggi demokrasi di Indonesia. Sebagai media bisa semakin bijak dalam pemberitaan dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

“Selamat dan sukses di hari pers ini semoga wartawan dan media makin profesional,” Pungkasnya

(TFQ/HEND/JJID)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *