Program Jogo Tonggo Yang Diinisiasi Ganjar Pranowo Cukup Efektif

Jepara, jurnaljateng.id, Penanganan Covid-19, dilakukan mulai dari pencegahan, edukasi, hingga pembangunan sarana dan prasarana untuk penanganan. Keterlibatan masyarakat umum mulai dari pembentukan relawan, pos penjagaan, pemasangan spanduk, dan rumah isolasi secara bersinergi.

Program Jogo Tonggo yang diinisiasi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo cukup efektif untuk penanganan Covid-19. Sejumlah desa telah menerapkanya sesuai dengan kultur desa masing-masing.

Contohnya di Desa Kendengsidialit Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara, penerapan Jogo Tonggo dilaksanakan dengan semangat gotong royong. Antara pemerintah desa dengan warga dan TNI/ Polri menjalin kerja sama dengan baik.

Warga yang masuk ke Desa tersebut akan dicek suhu tubuh, dan didata tracking perjalanan.

Baca Juga  YPAPK SCTV Dan Indosiar Memberikan Bantuan APD Kepada Pemerintah Kabupaten Kendal

Kepala Desa Kendengsidialit, Kahono Wibowo menyampaikan, bantuan Jogo Tonggo Kit langsung dimanfaatkan untuk penanganan Covid-19 di desanya.

“Kami sudah membentuk tim relawan penanganan Covid-19. Setelah mendapat bantuan Jogo Tonggo Kit, kami langsung bisa menerapkannya,” ujarnya, Kamis (9/7/2020).

Disamping itu pemerintah Desa Kendengsidialit juga menyiapkan rumah isolasi yang ditempatkan di lumbung pertanian area sawah. Di Rumah itu sudah di beri sarana yang layak dan sesuai SOP.

loading...

Menurutnya, program Jogo Tonggo cukup efektif untuk penanganan Covid-19. Karena melibatkan seluruh unsur baik pemerintah, warga dan TNI/ Polri.

Baca Juga  Beberapa Temuan Hewan Kurban Dijual Dalam Kondisi Sakit

Ketua Tim Relawan Penanganan Covid-19 Desa Kendengsidialit, Jatun mengaku bantuan program Jogo Tonggo Kit dapat membantu warga di tingkat desa dalam penanganan Covid-19.

“Kami relawan yang dibentuk Pemdes mendukung program Jogo Tonggo dan melakukan penanganan dengan maksimal,” kata dia.

Salah seorang pemuda Desa Kendengsidialit, Ahmad Khambali mengatakan, pemuda di desanya selalu siap jika minta untuk membantu program di desanya.

“Kami pemuda siap mendukung program desa. Ini ada program Jogo Tonggo, dan mendapat bantuan dari provinsi. Ini kan programnya Pak Ganjar untuk menangani Covid-19 di Jawa Tengah,” tandasnya. (DKJT/JJID)

Baca Juga  Operasi Patuh Candi 2020 Polres Blora Mengedukasi Tertib Berlalu Lintas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *