Pemkab Kendal Gelar Upacara Hari Kearsipan Nasional Dan Harkitnas ke-116

Wakil bupati Kendal, H windu suko Basuki memberikan apresiasi kepada OPD dan Kepala desa dalam pelayanan digital, di hari Harkitnas ke-116 dan Kearsipan Nasional ke-53. Sabtu (18/5/2024)

JURNALJATENG.ID, KENDAL -Wakil Bupati Kedal H Windu suko Basuki, mewakili Bupati Kendal Dico M Ganinduto, memberikan apresiasi kepada instansi di wilayahnya yang telah menunjukkan kinerja tata Kelola arsip yang tertib dan berbasis pelayanan digital.

Apresiasi ini diserahkan dalam momentum upacara Hari Kearsipan Nasional ke-53 di Alun-alun Kendal, Sabtu (18 Mei 2024).

Upaya Hari Kearsipan Nasional ini juga sekaligus memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-116. Adapun tema hari kearsipan ke 53 Tahun 2004 yaitu “Kearsipan yang Berkelanjutan untuk Masa Depan yang Terbaik”.

Dalam sambutannya,Wakil bupati Kendal, H Windu suko Basuki,momen Hari Kearsipan Nasional menyebut tahun 2024 ini ada 2 momentum yang relevan dengan kerja-kerja kearsipan, yakni Pemilu dan rencana kepindahan ibukota negara.

“Hal ini senafas dengan tema peringatan Hari Kearsipan tahun ini, yakni adanya keberlanjutan dari program kearsipan agar terus beradaptasi dan bertransformasi mengadapi perubahan,” Pungkasnya.

Baca Juga  Kadiv Humas Polri Pastikan Jakarta Lockdown 12-15 Februari Hoax

Adapun Salah satu penerima apresiasi Desa Ngampel wetan. Pada kesempatan itu,Kades Ngampel Wetan yang juga Ketua Paguyuban Kepala Desa Bahurekso Kabupaten Kendal, Abul Malik,mengatakan, Terimakasih kepada pemerintah kabupaten Kendal,atas penghargaan peringkat 1 untuk pemerintah desa dan kelurahan online Kabupaten Kendal.

“Menerima Penghargaan atas Akses pelayanan publik secara online seperti kependudukan catatan sipil. Masyarakat tidak harus ke kantor, cukup didaftarkan proses secara online dan data-datanya bisa tersimpan dengan baik,” ungkap Abdul Malik.

loading...

Menurutnya, pelayanan di Desa Ngampel Wetan sudah hampir seluruhnya terdigitalisasi, sehingga lebih mudah dan praktis, efisien dan efektif serta transparan dan akuntabel. Program ini semakin mudah karena saat ini hampir setiap warga memiliki perangkat ponsel pintar.

Baca Juga  Danrem 072/Pmk Hadiri Peringatan Harkitnas

“Sistem online Sipitung perlu upgrade, untuk pelayanan di desa juga istem digital harus perlu perkembangan lebih lanjut. karena semakin kesini kan kebutuhan masyarakat semakin tinggi,” kata Abdul Malik.

Sejauh ini layanan digital, terutama program Sipitung ini sudah banyak dimanfaatkan warga, terutama para pekerja pabrik. Sementara untuk mereka yang sudah berumur biasanya dibantu anggota keluarga yang lainnya.

“Kalau di Dukcapil kita ada Kades mantap, kemarin juga kita sampai ke Wonogiri disana pelayanannya sudah selesai ditingkat Desa. Harapannya itu ini di Kendal juga sama, semua selesai didesa, dan alhamdulillah terkait jaringan internet itu di desa dapat fasilitas dari Diskominfo Kabupaten Kendal,” pungkas Abdul Malik. (JJID/SFK)

Baca Juga  Ganjar Pranowo Jajal Venue Baru Stadion Jatidiri Semarang