Bagi Penderita Diabetes, Sebelum Konsumsi Buah Favorit Baca Ini Dulu

Mengkonsumsi buah-buahan memang bermanfaat bagi kesehatan. Selain menambah nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin, karbohidrat, dan mineral juga baik untuk kesehatan. Meskipun begitu ada buah-buahan tertentu yang justru berbahaya bagi penderita diabetes.

Setiap buah memiliki kandungan nutrisi dan antioksidan berbeda yang di butuhkan oleh tubuh bagi tiap-tiap orang. Salah satunya adalah untuk penderita diabetes, setiap buah dapat mempengaruhi tingkat kadar gula darah bagi penderita diabetes. Agar tetap aman, disarankan untuk menghindari konsumsi buah yang dapat meningkatkan kadar gula darah bagi penderita.

Pada kali ini kami akan mengeksplorasi beberapa buah yang biasa di konsumsi dan harus dihindari bagi penderita diabetes. Indeks Glikemik (IG) merupakan ukuran yang digunakan untuk mengindikasi seberapa cepat karbohidrat dalam makanan tertentu diubah menjadi gula. 

Mangga

Setiap 100 g mangga memiliki kandungan gula sekitar 14 g, yang dapat memperburuk keseimbangan gula darah. Buah tersebut adalah salah satu buah yang perlu di hindari, meskipun mangga adalah salah satu buah yang enak dan kaya akan nutrisi, tapi memiliki kandungan gula yang tinggi. Konsumsi secara menerus dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang berkepanjangan.

Baca Juga  VELO Kantong Nikotin Modern Oral All-White Inovatif Diluncurkan di Jakarta

Sawo

Buah ini mengandung sekitar 7 g gula dalam setiap 100 g dari 1 porsi. Nilai indeks glikemik (GI) (55) tiap buah, serta kadar gula dan karbohidrat yang tinggi, bisa sangat berbahaya bagi mereka yang menderita diabetes.

loading...

Srikaya

Kandungan Sumber Vitamin C, Kalsium, Besi Dan Serat Yang bagus, Srikaya tidak dianjurkan untuk penderita diabetes. Satu porsi kecil sekitar 100 g kandungan karbohidrat bisa mencapai 23 g. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa seorang penderita diabetes diijinkan mengkonsumsi Srikaya tetapi sangat berhati-hati.

Anggur

Kaya akan serat, vitamin dan nutrisi penting lainnya, anggur juga mengandung jumlah gula yang cukup tinggi. Penderita diabetes di sarankan untuk menghindari konsumsi anggur karena 85 g anggur bisa mengandung karbohidrat setinggi 15 g.

Baca Juga  Koleksi Busana Lebaran Ala Ria Miranda

Nanas

Konsumsi nanas dengan tidak berlebihan relatif aman untuk penderita diabetes, jika konsumsi secara berlebihan dapat mendatangkan malapetaka pada kadar gula darah penderita. Kontrol konsumsi dan pantau perubahan kadar gula darah.

Semangka

Rendah serat dan kalori, semangka memiliki nilai GI 72 dan setengah cangkir dapat mengandung sekitar 5 gram karbohidrat, Diijinkan jika dikonsumsi dalam porsi yang sangat kecil.

Pepaya

Memiliki nilai GI rata-rata 59, karbohidrat dan kalori yang di miliki pepaya cukup tinggi. Penderita diabetes, harus dikonsumsi dalam jumlah yang sangat terbatas untuk menghindari peningkatan gula darah.

Jus Buah

Jus buah yang terbuat dari buah apa saja, harus dihindari penderita diabetes karena dapat menyebabkan lonjakan glukosa. Jus ini tidak mengandung serat, jus dengan cepat dimetabolisme dan meningkatkan gula darah dalam hitungan menit.

Sebagian besar buah diklasifikasikan berdasarkan efisiensinya untuk memanipulasi kadar gula darah. Buah-buahan yang akan dikonsumsi bagi penderita diabetes harus mempertimbangkan nilai indeks GI buah sebelum mengkonsumsinya. Umumnya, GI harus sama dengan 55 atau lebih rendah agar aman untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Buah-buahan seperti stroberi, pir dan apel adalah beberapa contoh yang rendah karbohidrat dan aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. (Sumber : BoldskyCom/JJID)

Baca Juga  Buah-Buahan Yang Dapat Membantu Menghilangkan Depresi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *