Kodim Kendal Bersama FPK Gelar Bhinneka Festival Budaya Di Pantai Indah Kemangi

Dandim Kendal Jenry Polii saat menyampaikan Bhinneka Festival Budaya di Pantai Indah Kemangi di Ruang meeting Room Kantor Kodim Kendal, senin(11/9/2023)

JURNALJATENG.ID,KENDAL– Forum Pengusaha Kendal bersama Kodim 0715/Kendal dalam menyambut HUT TNI Ke-78 akan menggelar kegiatan spektakuler yang berjudul Bhinneka Festival Budaya di Pantai Indah Kemangi pada tanggal 15 hingga 17 September 2023.

Tiga hari Event yang digelar ini ada 12 kegiatan, antara lain : Festival Batik Kendal, Lomba Membatik Peserta Anak-Anak, Kejuaraan Terbuka Catur Di Tepi Pantai Pertama di Dunia, Pemecahan Rekor MURI 555 Orang Menimang Bola Sepak Takraw di Tepi Pantai, Festival Singo Barong, Lomba Foto Grafi, Festival Kopi Kendal, Festival UMKM, Talkshow/Postcast, Pelatihan Interpreneurship, Senam Massal dan Senam Kreasi Nusantara.

Langkah Forum Pengusaha Kendal dengan Kodim 0715/Kendal bertujuan untuk mengangkat potensi Kendal, seperti Batik Kendal, Kopi Kendal, dan kesenian serta budaya Kendal yang diantaranya tari-tarian Singo Barong untuk dilombakan di ivent ini.

Ketua panitia Syamsunar selaku Ketua FPK dan didampingi Dandim Kendal Jenry Polii dalam jumpa pers di meeting room Dandim 0715/Kendal pada Senin (11/09/2023) sampaikan, tujuan dari gelar iven focus untuk mengangkat Batik Kendal dan Kopi Kendal agar masyarakat luas lebih mengenalnya dan mencintainya.

Baca Juga  warga Puncangrejo Antusias, Ikuti Pengajian Habib Firdaus

Target yang akan dicapai, dikatakan yakni adanya edukasi dan pelatihan Interpreneurship atau kewirausahaan khususnya bagi isteri-isteri TNI (Warakawuri) yang berada di wilayah Koramil di Kendal agar selama suami bertugas, isteri di rumah bisa berwirausaha.

Rangakian acara bhineka festival di pantai indah Kemangi

Dalam pemilihan lokasi iven di Pantai Indah Kemangi, selain untuk mengangkat salah satu potensi wisata pantai Kendal, karena saat ini Pantai Indah Kemangi sudah menjadi ikon wisata Kendal yang dikelola oleh Pemerintah Desa Jungsemi melalui BUMDes.Syamsunar yakin, dalam iven ini akan dikunjungi ribuan orang. “Karena berdasarkan data jumlah kunjungan per Minggu di Pantai Indah Kemangi mencapai lebih dari 500 orang.

Selain, iven yang dikemas secara spektakuler akan jadi Magnit mendatangkan banyak orang,” ujarnya.

loading...

“Selain itu, di event ini Kami tampilkan pula trend budaya masyarakat Kendal yang menyukai busana muslimah yang identik hijab dengan model fashion show. Dan gaya hidup (life skill) seperti hobi catur yang ditampilkan dengan kejuaraan catur. Tak kalah menariknya, yakni adanya tampilan UMKM Kendal dengan produk-produk unggulannya,” imbuhnya.

Baca Juga  Sebagai Sarana Pendidikan Politik, PDI Perjuangan Tempuh Jalur Hukum

Sementara Dandim Kendal Jenry Polii menambahkan, kegiatan ini adalah untuk mengangkat kebhinekaan dari perpaduan beberapa unsur. Seperti contohnya, menampilkan bidang ekonomi, seni, budaya dan olah raga.

“Atau memiliki unsur Pentahelix yang melibatkan Pemerintah, TNI, Pengusaha dan Media,” tambahnya.Jenry Polii mengungkapkan, untuk mendukung iven ini terlaksana dengan sukses, anggota Koramil di Wilayah Kodim 0715/Kendal dilibatkan untuk menarik anggota masyarakat datang ke iven yang diselenggarakan di Pantai Indah Kemangi pada 15 – 17 September 2023.Juga katakan, belum pernah ada iven seperti ini.

“Saya rasa baru kali ini terjadi di Kabupaten Kendal dan berskala nasional. Hal ini menjadi tantangan untuk memajukan Kendal baik di bidang ekonomi, sosial dan budaya. Dan tidak lain tujuannya, supaya Kendal lebih maju di semua bidang,” harapnya.

Baca Juga  Meriah, Warga Ikuti Jalan Sehat Desa Manggungsari,Ini Harapan Kades

“Bhinneka Festival Budaya” di Pantai Indah Kemangi untuk memunculkan rasa kepedulian terhadap potensi lokal, terutama potensi UMKM Kendal yang saat ini membutuhkan bapak angkat agar lebih berkembang, mandiri dan berdaya saing di tingkat nasional.tandasnya.(JJID/SFK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.