Falakiya NU Kendal Gelar Workshop “Berkenalan Dengan Langit”

Lembaga Falakiyah NU Kendal Gelar Workshop “Berkenalan Dengan Langit” Melalui Ilmu Falakiyah

JURNALJATENG.ID, KENDAL – Pimpinan Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kendal, melalui Badan otonom Lembaga Falakiyah NU, Mengelar Workshop Falakiyah “Berkenalan dengan Langit” di Pantai Muara Kencana Pidodo Kulon, Kecamatan Cepiring,Kabupaten Kendal,Jum’at, (7/7/2023)

Pelatihan ilmu falak ini diikuti 40 peserta perwakilan MWC NU dan Banom NU Se-Kabupaten Kendal

Sekertaris PCNU Kendal, Abdul Said, S.Ag. menyambut baik pengenalan ilmu Falakiyah kepada para nahdliyin di kendal. Menurutnya ilmu Falakiyah merupakan salah satu ilmu penting yang harus dikenal dan difahami,
karena sangat terkait dengan sah atau tidaknya ibadah yang dilakukan.

“Ilmu falakiyah itu penting, semoga kedepannya kendal ada regenerasi yang bisa menguasai ilmu Falakiyah’’ kata Said

Bupati Kendal Dico M Ganinduto, mengapresiasi kegiatan pelaksanaan Workshop Falakiyah yang diselenggarakan Banom NU sudah menjalankan segala aktivitasnya dengan baik. “Semoga kwalitas dan kapasitas ilmu Falakiyah bisa diserap diaplikasikan di Kendal, ujar dico

Baca Juga  Apresiasi Warganet Kendal, Polres Kendal Ringkus Orderan Fiktif

Selain itu, dari pihak panitia menyampaikan kepada kami, Pantai muara Kencana akan dijadikan tempat untuk konservasi ilmu Falakiyah yang akan di suport oleh PBNU.” Ya kami dari Pemda siap mendukung untuk berkolaborasi,”ungkap Bupati Dico

loading...

Lanjut Dico, namun yang Paling medesak akses infrastruktur harus diperbaiki, jika jalannya bagus investor tentunya mau kerjasama dengan pengelolaan pihak swasta milik pantai muara kencana. “Semoga pengelola bisa berkembang bagaimana tinggal kita berkolaborasi bisa jadiin tempat wisata baru dikendal, “, Pungkasnya.

Terpisah, Raden ahmad prawira negara,Astronom muda Indonesia, mengimbau kepada peserta kegiatan untuk mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya.

“Ilmu falakiyah itu langka, sangat beruntung kita bisa belajar ilmu ini. Sebagai kader-kader NU, kalian yang akan meneruskan mempelajari ilmu falak ini,” tuturnya.

Sementara, RM, KH Khotib asmuni, dari Lembaga Falakiyah PBNU menegaskan bahwa ilmu falak merupakan ilmu yang digunakan sebagai alat untuk mempelajari alam semesta. “Ilmu falak adalah ilmu untuk mempelajari seluruh ciptaan Allah,” katanya.

Baca Juga  Film Sejauh Kumelangkah Masih Terikat Kontrak, Kemendikbud Klarifikasi Penayangan Di UseeTV

Hal ini diperkuat dengan pemaknaan para kiai atas kata falak, yaitu cakrawala. Artinya, bukan sekadar matahari, bumi, dan bulan saja, melainkan seluruh jagat. “Cakrawala itu ilmu tentang bumi dan antariksa,” katanya.

Dalam cakrawala, bumi merupakan salah satu anggota dari galaksi Bima Sakti. Tidak hanya itu, ada galaksi-galaksi lain, seperti andromeda, dan sebagainya. Dalam benaknya, ini selaras dengan penyebutan langit di dalam Al-Qur’an yang kerap disebut dalam bentuk jamak, samawat.

Mengutip kitab Hushunul Hamidiyah, ada penyebutan samaul ardli, langitnya bumi. “Samawat yang pertama, samaul ardli, itu ya galaksi Bima Sakti,” katanya.

Nampak hadir, Pembukaan workshop Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama Kendal diresmikan Bupati Kendal Dico M Ganinduto, didampingi KH Nasyih Syarifudin, DPR RI Mujib Rohmat, Anggota DPRD Jateng, Benny Karnadi, Ketua Muslimat NU Kendal, Niken Larasati dan para ulama

Baca Juga  Pemda Kudus Izinkan Sekolah lakukan Simulasi Tatap Muka

(SFK/JJID)

42 tanggapan untuk “Falakiya NU Kendal Gelar Workshop “Berkenalan Dengan Langit”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.