Peran Pers Penting Di Pilwalkot Melawan Kotak Kosong

Ketua AWPI Kota Semarang Hendri : Peran pers sangat penting di pilwakot untuk mengedukasi masyarakat Kota Semarang dalalam melawan kotak kosong.

JURNALJATENG.ID, SEMARANG – Ketua Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Kota Semarang, lakukan Kordinasi Internal “Tema Peran Media Dalam Pemilihan Calon Walikota Melawan Kotak Kosong” partisipasi Publik terutama media menjadi tolak ukur tersendiri agar warga Datang ke TPS 9 Desember 2020 Mendatang.
Acara Dilaksanakan di Lobby Candi Land Kota Semarang.

Hendri mengatakan, Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota Semarang (Pilwakot) 2020. Resmi di KPU Jumlah DPT Kota Semarang 1.174.068. Laki-laki sebanyak 569.266 dan perempuan 604 802.

Baca Juga  Dandim Hadir Di Launching ETLE Secara Virtual Polres Batang

Artinya, sambung Hendri,Calon Walikota Semarang Di pemilukada yang diusung semua partai politik tersebut melawan kotak kosong.

Dalam pesta demokrasi, tentunya membutuhkan peran dan fungsi pers, untuk memberikan edukasi politik kepada publik. Sehingga, tujuan pemilukada dapat berjalan secara jujur, adil, bebas dan rahasia.

Kata Bambang Purnomo selaku Pengurus DPP AWPI, pers atau media adalah salah satu pilar demokrasi di republik ini. Untuk itu, sesuai tugas dan fungsi media berkewajiban untuk menyosialisasikan kotak kosong.

Baca Juga  Kapolsek Gemuh" Ingatkan Warga Cegah Covid-19" Sekaligus Bagi Sembako

“Karena kotak kosong ini adalah pilihan yang sah, sesuai aturan maupun perundang-undangan yang berlaku, Diperlukan Edukasi Partisipasi Publik bisa berpartisipasi” jelas bambang

loading...

Hendri mengingatkan, para insan pers dalam menyajikan berita ke publik terkait kotak kosong pada Pilwalikota Semarang, harus sesuai dengan kode etik jurnalistik (KEJ), dan Undang-Undang pers nomor 40 tahun 1999.

“Intinya, pers tetap menjadi sarana informasi yang bermanfaat bagi pembacanya atau masyarakat luas,” Pungkasnya.




(S11/JJID)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *